Arkeologi » Mongolia

Penemuan Jasad Lama Buddhis Termumikan 200 Tahun di Mongolia

Jumat, 30 Januari 2015

Bhagavant.com,
Ulan Bator, Mongolia – Sebuah jasad seorang pria yang termumikan yang ditemukan di distrik Songino Khairkhan wilayah ibu kota Mongolia, Ulan Bator pada Selasa (27/1/2015) pukul 18.30 waktu setempat, diduga seorang lama (guru) Buddhis dari sekitar 200 tahun yang lalu.

Jasad termumikan diduga seorang lama Buddhis ditemukan di Songino Khairkhan, Ulan Bator, Mongolia, Selasa (27/1/2015)
Jasad termumikan diduga seorang lama (guru) Buddhis ditemukan di Songino Khairkhan, Ulan Bator, Mongolia, Selasa (27/1/2015). Foto: medee.mn

Pemeriksaan sementara para ahli berdasarkan pada tes visual dasar terhadap jasad yang dalam keadaan duduk bersila tersebut menyatakan bahwa usianya lebih dari 200 tahun, demikian menurut laporan media lokal The Morning News Mongolia, Rabu (28/1/2015).

Jasad termumikan yang dalam keadaan duduk bersila tersebut dibawa oleh pihak kepolisian setempat ke Pusat Forensik Nasional Ulan Bator.

Laporan terakhir The Morning News Mongolia, Kamis (29/1/2015), B.Baatarkhuu, Kepala Media Center Kepolisian Nasional mengatakan bahwa keberadaan jasad termumikan tersebut diduga merupakan hasil penyelundupan untuk dijual atau akan dibeli.

Lama G.Purevbat yang menyempatkan melihat, menduga jasad tersebut sedang memegang vajra pada tangan kiri dan tangan kanannya memanggang buku keagamaan di depan dadanya serta menduga merupakan pribadi yang cukup tua dan terpelajar.

Sampai saat ini belum terkuak siapa sesunguhnya jasad yang termumikan dalam kondisi cukup baik tersebut. Banyak spekulasi yang beredar mengatakan bahwa jasad termumikan tersebut adalah salah satu guru dari Lama Dashi-Dorzho Itigilov.

Lama Dashi-Dorzho Itigilov (1852–1927) sendiri merupakan seorang lama Buddhis Buryatia dari tradisi Tibet yang terkenal karena jasadnya yang tidak mengalami kerusakan pada umumnya dan termumikan secara alami.[Bhagavant, 30/1/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: