Asia Tenggara » Pendidikan

Fo Guang Shan Dirikan Sekolah Tinggi Gratis di Filipina

Selasa, 27 Januari 2015

Bhagavant.com,
Manila, Filipina – Y.M. Master Hsing Yun pendiri organisasi Buddhis Fo Guang Shan di Taiwan meninggalkan Filipina menuju kembali ke Taiwan pada Senin pekan lalu (19/1/2015) setelah kunjungan selama tiga harinya yang secara khusus untuk memeriksa kemajuan dari sebuah sekolah tinggi gratis biaya pendidikan yang didirikan oleh organisasi amalnya tersebut.

Master Hsing Yun di Vihara Mabuhay, Manila, Filipina. Foto: Facebook Vihara Mabuhay

Master Hsing Yun mengatakan bahwa mendukung kebudayaan dan pendidikan, terutama pendidikan yang lebih tinggi bagi orang-orang yang kurang beruntung, merupakan cara-cara supaya agama dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

“Orang Amerika telah mendirikan universitas di negara kita, dan sekarang kita juga mampu mendirikan universitas-universitas di negara lain,” kata Master seperti yang dilansir Focus Taiwan, Senin (19/1/2015).

Sekolah Tinggi Fo Guang atau Guang Ming College di Filipina merupakan sekolah pendidikan tinggi kelima yang telah didirikan oleh Fo Guang Shan setelah Universitas Fo Guang dan Universitas Nanhua di Taiwan, Universitas Barat (University of the West) di Amerika Serikat, dan Institut Nan Tien di Australia.

Sekolah Tinggi Fo Guang Filipina yang telah membuka pendaftaran pada tahun 2014 tersebut, memiliki tiga jurusan, yaitu: seni, tari dan Buddhisme – dan 39 siswa yang kini menuntut ilmu di sana semuanya dibebaskan dari biaya pendidikan dan akomodasi.

Saat ini para siswa akan berkelas dan tinggal di Vihara Fo Guang Shan Mabuhay di Manila sampai gedung sekolah tinggi di Tagaytay selesai.

Menurut Helen Correa, presiden Sekolah Tinggi Fo Guang, pendaftaran merupakan tantangan bagi sekolah tinggi Buddhis karena Filipina merupakan negara mayoritas Katolik.

Meskipun sekolah tinggi tersebut memiliki nilai-nilai sendiri (yaitu Buddhis – ed), para siswa tidak perlu mempraktikan Buddhisme, kata Correa.

Dalam kunjungannya kali ini, Master Hsing Yun diundang untuk ambil bagian dalam pertemuan antara Paus Fransiskus dan para pemimpin agama di Universitas Santo Tomas di Manila pada Minggu (18/1/2015). Namun beliau tidak menghadiri pertemuan tersebut tetapi menugaskan muridnya, Y.M. Master Chueh Pei, yang fasih berbahasa Spanyol, untuk mewakili menghadiri pertemuan tersebut atas namanya.

Organisasi Fo Guang Shan sendiri telah hadir di Filipina sejak berdirinya Vihara Fo Guang Shan di Cebu pada tahun 1989 yang kini dikenal dengan Vihara Fo Guang Shan Chu Un di bawah arahan mantan kepala vihara Y.M. Yong Guang. Beberapa tahun cabang Fo Guang Shan didirikan di provinsi yang berbeda, seperti Vihara Yuan Thong di Bacolod, Vihara Mabuhay di Manila, dan Fo Guang Yuan di Iloilo.[Bhagavant, 27/1/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: