Arkeologi » Nepal

Lumbini Sukses Gelar Konferensi Buddhis Internasional

Kamis, 20 November 2014

Bhagavant.com,
Lumbini, Nepal – Konferensi Buddhis Internasional sukses digelar di Lumbini, tempat kelahiran Pangeran Siddhartha (calon Buddha) di Nepal pada 15-18 November 2014 yang lalu, dalam rangka pelestarian, konservasi, renovasi, perlindungan dan promosi situs dan warisan budaya Buddhis.

Pembukaan Konferensi Buddhis Internasional di Lumbini, Nepal.
Pembukaan Konferensi Buddhis Internasional di Lumbini, Nepal. Foto: eKantipur

Sekitar 400 viharawan dan cendekiawan Buddhis dari 30 negara berpartisipasi dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Akademi Buddhis Theravada (Nepal) dan Akademi Buddhis Internasional Sitagu (Myanmar) dalam kerja sama yang erat dengan Lumbini Development Trust (Nepal).

Konferensi selama empat hari tersebut diresmikan pembukaannya oleh Presiden Nepal Ram Baran Yadav dan mempresentasikan 94 makalah mengenai pelestarian situs-situs Buddhis.

Konferensi tersebut juga dihadiri oleh perwakilan UNESCO yang memberikan kontribusi pada diskusi dan pertukaran selama konferensi tersebut dengan mempresentasikan kegiatan untuk pelestarian situs Buddhis dalam rangka Konvensi Warisan Dunia (World Heritage Convention).

Pihak UNESCO berharap pertemuan dengan para ahli internasional dan komunitas agama tersebut dapat memberikan masukan penting dalam mengembangkan pendekatan yang paling tepat dalam mengatasi masalah-masalah yang menantang dari perlindungan warisan dan membangkitkan pengertian dan saling menghormati.

Dalam pembukaan konferensi, seperti yang dilansir eKantipur, Sabtu (15/11/2014), Presiden Ram Baran Yadav menyatakan bahwa Buddhisme tidak hanya sekedar agama tetapi juga filosofi penting sehingga setiap orang harus menghayatinya.[Bhagavant, 20/11/14, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: