Rusia

Rusia Akan Bangun 2 Vihara di Moskow

Kamis, 6 November 2014

Bhagavant.com,
Moskow, Rusia – Dalam rangka untuk mempromosikan keberagaman agama dan memajukan hubungan persahabatan antara agama dan etnis, pemerintah Rusia mengizinkan untuk membangun 2 vihara di Moskow, yang salah satunya didedikasikan untuk para umat Buddhis yang terbunuh dalam Perang Dunia II .

Gambar desain salah satu vihara yang akan dibangun di Moskow, Rusia
Gambar desain salah satu vihara yang akan dibangun di Moskow, Rusia. Sbr: unityofbuddhism.ru

“Kita harus toleran terhadap orang-orang yang memiliki beragam keyakinan agama,” kata Renat Laishev, anggota Komisi Duma (lembaga legislatif bawah) Kota Moskow, seperti yang dikutip RIA Novosti dari Izvestia.ru, Kamis (30/10/2014).

“Ada masjid, kanisah (sinagoga), gereja Ortodoks dan Katolik di Moskow; kemunculan sebuah pusat keagamaan Buddhis kemungkinan tidak akan menyebabkan banyak kejutan.”

Vihara kesatu akan berdiri di taman memorial perang Victory Park di Poklonnaya Gora, Moskow, pembangunannya dilakukan pada musim gugur tahun ini. Di sana telah terdapat berbagai trempat ibadah lain yang mencerminkan perjuangan bersama oleh para umat dari agama yang beda-beda selama Perang Dunia II.

Seperti yang dilansir The Moscow Times, menurut Tatyana Odushpayak, ketua Sentra Buddhis Tri Dragotsennosti (Skt:Tri Ratna; Rusia: Три драгоценности) Moskow, vihara tersebut akan dibangun dengan dana sumbangan.

Vihara kedua yang akan berdiri di distrik Otradnoye, Moskow, pembangunannya akan dimulai pada musim semi 2015 dan dananya juga berasal dari sumbangan. Di lokasi ini juga telah ada ibadah lain. Vihara kedua ini rencananya akan berisi aula meditasi perpustakaan, sinema, dan rupaka Buddha setinggi 5 meter, serta menawarkan medis Tibet dan pengobatan akupuntur kepada para pengunjung.

Tatyana mengatakan jumlah dana yang dibutuhkan dalam pembangunan vihara dua lantai sekitar 200-250 juta rubel atau sekitar 53-66 milyar rupiah.

Secara historis, Buddhisme masuk ke tanah Rusia di awal abad ke-17. Buddhisme dianggap sebagai salah satu dari agama-agama tradisional Rusia, secara hukum merupakan bagian dari warisan sejarah Rusia. Selain tradisi keviharaan bersejarah dari Buryatia, Kalmykia dan Tuva, Buddhisme sekarang tersebar luas di seluruh Rusia, dengan banyak etnis Rusia menjadi pemeluknya.[Bhagavant, 6/11/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: