Seremonial » Thailand

Buddhis Thailand Rayakan Hari Asadha dan Awal Vassa 2014

Sabtu, 19 Juli 2014

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Hari Asadha atau Asalha telah tiba pada pekan lalu. Ini juga berarti masa vassa bagi para bhikkhu dimulai. Umat Buddha di seluruh Thailand pada Sabtu (12/7/2014) pagi hari berbondong-bondong menuju vihara untuk melakukan puja bakti dan melakukan kebajikan dengan harapan akan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Para umat Buddha Thailand mempersembahkan kebutuhan para bhikkhu di hari Asadha, di Wat Suttawas, Pattaya, Thailand. Foto: Pattaya Mail
Para umat Buddha Thailand mempersembahkan kebutuhan para bhikkhu di hari Asadha, di Wat Suttawas, Pattaya, Thailand. Foto: Pattaya Mail

Puluhan ribu warga Thailand dan warga asing berpartisipasi dalam sebuah prosesi pawai pahatan lilin tradisional di Festival Lilin tahunan di depan Vihara Sri Ubon Rattanaram (Wat Si Ubon Rattanaram) di Ubon Ratchathani, provinsi timur laut Thailand, yang berlangsung dari 11 hingga 21 Juli 2014.

Seperti yang dilaporkan Pattaya Mail, Senin (14/7/2014), sebanyak 55 rupaka besar terbuat dari lilin yang dibuat dengan tangan bergerak bersama dengan indahnya tarian Thailand, sementara para penyanyi terkenal dari provinsi tersebut bernyanyi sepanjang lintasan tiga kilometer di mana orang banyak menyaksikan dengan antusias.

Di Nakhon Ratchasima, seratus ribu turis berkesempatan untuk menyaksikan prosesi pawai pahatan lilin yang indah di sekitar rupaka Thao Suranari.

Kendaraan hias dengan rupaka yang diukir dari lilin di Festival Lilin 2014 di Ubon Ratchathani, Thailand. Foto: video Youtube
Kendaraan hias dengan rupaka yang diukir dari lilin di Festival Lilin 2014 di Ubon Ratchathani, Thailand. Foto: video Youtube

Beberapa lilin diukir dengan desain dan tema yang terinspirasi oleh Piala Dunia FIFA dan film Transformers terbaru, yang sekarang sedang tayang di Thailand.

Lebih dari 40 pahatan lilin berpartisipasi dalam kompetisi di provinsi ini dan pemenang akan menerima piala Putri Maha Chakri Sirindhorn.

Banyak umat Buddha yang mengunjungi Vihara Thaluang di Provinsi Phichit, bagian utara Thailand, untuk mempersembahkan makanan, lilin, bola lampu, dan kebutuhan lainnya kepada para bhikkhu dan berharap kehidupan mereka akan seterang cahaya lilin.

Umat Buddha di Provinsi Songkhla, selatan Thailand juga memberikan persembahan berbagai kebutuhan kepada para bhikkhu di Hari Asadha di tengah keamanan yang ketat, terkait keberadaan pemberontak Muslim di bagian selatan Thailand. Para pejabat keamanan diperintahkan untuk memberikan perlindungan ekstra selama liburan panjang, yang dimulai pada hari Jumat pekan lalu.

Hari Asadha atau Asalha merupakan salah satu hari raya umat Buddha untuk memperingati peristiwa pertama kalinya Buddha Gotama membabarkan Dhamma dan momen disaat Sangha Bhikkhu terbentuk, yang jatuh pada bulan Asalha. Hari tersebut juga merupakan awal dari masa vassa atau masa retret musim hujan bagi para bhikkhu – saat para bhikkhu selama tiga bulan untuk tidak melakukan perjalanan jauh seperti biasanya dan untuk berdiam di satu tempat dalam rangka pembinaan diri.[Bhagavant, 19/7/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: