Indonesia » Pendidikan » Seni dan Budaya

Medan Adakan Festival Buddhis 2014

Selasa, 22 Juli 2014

Bhagavant.com,
Medan, Indonesia – Sebuah festival besar Buddhis pertama di luar Jawa untuk memperkenalkan lebih jauh Agama Buddha dan memberikan pengertian yang benar terhadap Agama Buddha kepada masyarakat luas, diadakan di Medan, Sumatera Utara, selama lebih dari dua pekan.

Festival Buddhis
Ilustrasi: Festival Buddhis

Festival Buddhis 2014 yang dibuka pada 24 Juli hingga 10 Agustus 2014 diselengarakan oleh Bodhi Buddhist Centre Indonesia yang bekerja sama dengan Komunitas Umat Buddha Indonesia ( KUBI ) dalam rangka menyambut Hari Asadha 2558 EB dengan tujuan untuk memperkenalkan Ajaran Buddha pada masyarakat umum, baik yang Buddhis maupun yang non-Buddhis. Bodhi Buddhist Centre Indonesia sendiri merupakan sebuah organisasi Buddhis di Medan yang berfokus pada pendidikan.

Festival tersebut diadakan di Mall Center Point Medan dalam bentuk sebuah pameran yang menempati lahan seluas 2000 meter persegi. Selain sejarah, kekayaan dan keunikan dari tradisi dan budaya Agama Buddha juga ditampilkan dalam pameran tersebut.

Pengunjung yang akan menyaksikan Festival Buddhis 2014 yang dibuka untuk umum tersebut tidak dikenakan biaya masuk.

Dalam festival tersebut, para pengunjung akan disuguhkan riwayat hidup Sri Buddha melalui lukisan-lukisan yang indah dan diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gotama, seperti saat kelahiran Pangeran Siddhattha , Pencerahan Sempurna Petapa Gotama, hingga parinibbana-nya Buddha Gotama.

Festival tersebut juga akan menampilkan keindahan peninggalan seni dan arsitektur Buddhis seperti candi-candi Buddhis yang ada di Indonesia, replika 4 situs penting dan suci di India, hingga relik dari Buddha Gotama dan 38 Arahant.

Untuk memahami bahwa Ajaran Agama Buddha merupakan ajaran yang berdasarkan pada hukum Alam yang mengandung kebenaran universal, pengunjung akan diajak juga menelusur bagian yang menjelaskan mengenai Intisari Agama Buddha.

Para pengunjung kemudian dibawa untuk melihat-lihat keindahan beberapa altar atau meja puja bakti atau meja sembahyang yang umum yang dapat dijumpai di rumah-rumah umat Buddha maupun di vihara dari 3 tradisi besar Agama Buddha yaitu Theravada, Mahayana, dan Vajrayana.

Berbagai stan dari organisasi Buddhis maupun vihara serta stan multiproduk lainnya juga ikut memeriahkan Festival Buddhis 2014 ini.

Kesalahpahaman terhadap Agama Buddha yang masih terjadi di kalangan masyarakat umum, membuat terselenggaranya Festival Buddhis 2014 ini memiliki nilai penting dan diharapkan akhirnya dapat menepis pandangan-pandangan negatif terhadap Agama Buddha.[Bhagavant, 22/7/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: