Nepal

UNESCO Luncurkan Film Pendek Tentang Lumbini

Sabtu, 31 Mei 2014

Bhagavant.com,
Kathmandu, Nepal – Pada kesempatan Vesak 2558 EB / 2014, pada Rabu (14/5/2014) sebuah film pendek berjudul “Towards a sustainable Lumbini, the birthplace of Lord Buddha”(Menuju Lumbini tempat lahir Sri Buddha, yang berkelanjutan) diluncurkan di Lumbini, Nepal.

Kolam di Lumbini
Kolam di Lumbini. Foto: wikipedia.org

Film tentang Lumbini ini diproduksi dari kerja sama antara kantor UNESCO di Kathmandu dan kantor UNDP (Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Nepal di bawah Proyek Pendukung Lumbini UNDP/UNESCO.

Film berdurasi 19 menit tersebut menampilkan pentingnya Lumbini secara keseluruhan, sebuah Warisan UNESCO di Nepal sejak 1997. Target para penonton film tersebut adalah mereka yang telah terinspirasi oleh Sri Buddha bersama dengan mereka yang baru saja belajar tentang Buddha.

Melalui kisah Sri Buddha, film tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa setiap orang perlu untuk secara bersama-sama melestarikan dan menjaga warisan yang kaya dari Lumbini dan sekitarnya dengan bekerja sama dengan masyarakat lokal dan melibatkan mereka dalam cara yang dapat meningkatkan kondisi sosial-ekonomi mereka.

Amita Vohra, pejabat berwenang dari Kantor UNESCO di Kathmandu, yang mempresentasikan film kepada Perdana Menteri Nepal, Sushil Koirala, selama perayaan resmi Vesak 2558 di Lumbini, menyatakan prlunya melestarikan Lumbini.

“Dengan melestarikan warisan ini, kita dapat menghormati nilai universal dari tempat kelahiran Sri Buddha,” kata Amita seperti yang dilansir MyRepublica, Jumat (16/5/2014).[Bhagavant, 31/5/14, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: