Seni dan Budaya » Tiongkok » Tradisi dan Budaya

Shaolin Undang Pecinta Kaligrafi untuk Kopi Kepustakaan Buddhis

Senin, 14 April 2014
Vihara Shaolin. Foto: wikipedia.org
Vihara Shaolin. Foto: wikipedia.org

Bhagavant.com,
Henan, Tiongkok – Vihara Shaolin, salah satu tempat dilahirkannya seni bela diri kung fu Tionghoa, telah mengundang 10.000 (sepuluh ribu) pecinta kaligrafi Tionghoa dari seluruh dunia untuk mengopi kitab-kitab Buddhis dengan tangan.

”Kegiatan ini tidak hanya akan melestarikan kepustakaan Buddhis klasik, tetapi juga membantu orang-orang mengembangkan diri mereka sendiri sejalan dengan ajaran agama Buddha,” kata Shi Yan Zi, salah seorang guru besar kung fu di Vihara di Dengfeng, Provinsi Henan, Tiongkok Tengah, seperti yang dilansir kantor berita Xinhua, Sabtu (12/4/2014).

Kitab-kitab Buddhis yang ditulis tangan akan disimpan dalam sebuah penyimpan setinggi enam meter yang baru-baru ini di bangun di vihara dengan 520 laci yang mampu melestarikan 10.000 kitab-kitab Buddhis hingga bertahan sampai 1.000 tahun, demikian kata Shi.

Para pendaftar harus terlebih dulu mengirimkan sebuah contoh karya kaligrafi mereka berupa Sutra Prajnaparamita Hrdaya yang ditulis dalam aksara biasa dengan kuas Tionghoa, dan ditujukan ke Vihara Shaolin. Karya yang memenuhi syarat akan menerima kertas yang dibuat khusus dari Vihara Shaolin.[Bhagavant, 14/4/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: