Korea Selatan

Anak Pohon Bodhi Tiba di Korea Selatan dari India

Rabu, 26 Maret 2014

Bhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Anak Pohon Bodhi dari Vihara Mahabodi di Bodh Gaya, India tiba di Korea Selatan pada Sabtu (22/3/2014) sebagai tanda persahabatan antara India dan Korea Selatan.

Sebelumnya, India telah secara resmi menyerahkan anak Pohon Bodhi suci dari Bodh Gaya kepada Korea Selatan sebagai tanda persahabatan yang dibuat oleh Perdana Menteri India, Manmohan Singh, untuk Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye yang berkunjung ke India pada Januari yang lalu.

Pohon Bodhi di Vihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India. Foto: wikipedia.org
Pohon Bodhi di Vihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India. Foto: wikipedia.org

Anil Wadhwa, sekretaris wilayah timur kementerian luar negeri India, dan Vishnu Prakash, Duta Besar India untuk Korea Selatan, secara resmi menyerahkan anak Phohon Bodhi kepada Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung-se dan Menteri Kehutanan Shin Won-sop dalam sebuah upacara khidmat, Rabu (19/3/2014), demikian menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan besar India.

Sekitar 2500 tahun yang lalu, setelah memasuki kepertapaan, Siddhartha Gautama yang kemudian disebut Shakyamuni, mempraktikkan kehidupan petapa selama enam tahun. Ia duduk di bawah Pohon Bodhi (India: Peepal; Latin: Ficus religiosa) untuk bermeditasi, dan di sana Ia mencapai Pencerahan.

Anak Pohon Bodhi yang disumbangkan ke Korea tersebut masih muda, dan hanya memiliki tinggi 30 sentimeter.

Pada umumnya Pohon Peepal ditemukan di daerah tropis, pohon ini dapat tumbuh hingga setinggi 30 meter, dengan lebar lingkar 3 meter.

Para pakar di Korea percaya bahwa akan memakan waktu sekitar enam tahun untuk anak Pohon Bodhi tersebut untuk sepenuhnya berkembang. Anak Pohon Bodhi tersebut untuk sementara ditampung di Arboretum National Korea, dan para pakar berencana untuk merawatrnya selama sekitar satu tahun, sebelum dipindahkan ke tempat permanen, di mana pohon tersebut dapat dilihat oleh publik.

Tidak semua Pohon Peepal (Latin: Ficus religiosa) dapat disebut dengan ’Pohon Bodhi’. Sebuah Pohon Bodhi harus dapat ditelusuri induknya yang mengarah kepada Pohon Bodhi lainnya dan garis keturunannya mengarah pada Pohon Bodhi pertama di mana Petapa Gautama mencapai Pencerahan.[Bhagavant, 26/3/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: