India » Tokoh

Dalai Lama Kirim Surat Simpati Wafatnya Nelson Mandela

Jumat, 6 Desember 2013

Bhagavant.com,
New Delhi, India – Dalam sebuah surat kepada keluarga Nelson Mandela, Yang Mulia Dalai Lama Ke-14, Tenzin Gyatso, menyatakan rasa simpatinya yang mendalam atas wafatnya Nelson Mandela pada Kamis (5/12/2013).

Dalam suratnya Dalai Lama menulis, “Dalam kematiannya, dunia telah kehilangan seorang pemimpin besar, yang tabah dan bertekad gigih memainkan peran penting dalam mengamankan perdamaian dan rekonsiliasi selama masa transisi Afrika Selatan dari kekuasaan apartheid. Di bawah kepemimpinannya Afrika Selatan berubah melalui cara-cara damai, dalam semangat rekonsiliasi.” Demikian seperti yang diberitakan situs resmi Dalai Lama pada Jumat (6/12/2013).

Dalai Lama juga mengatakan bahwa ia secara pribadi akan kehilangan seorang teman, yang ia harapkan untuk bertemu lagi dan yang ia kagumi dan hormati.

Dalam suratnya, Dalai Lama melanjutkan, “Dia adalah orang yang memiliki keberanian, prinsip dan integritas yang tak diragukan lagi, manusia yang besar, seseorang yang kita dapat benar-benar katakan, “Dia hidup dalam kehidupan yang bermakna. “Saya berharap untuknya dan menyatakan bersimpati sepenuh hati kepada Anda, anggota keluarga Anda dan seluruh rakyat Afrika Selatan.”

Terakhir, Dalai Lama menyatakan bahwa meskipun Nelson Mandela telah meninggal secara fisik, namun semangatnya akan terus ada. Ia menyatakan bahwa penghargaan terbaik yang dapat kita berikan kepadanya adalah untuk melakukan apapun yang kita bisa untuk berkontribusi menghormati kesatuan umat manusia dan bekerja untuk perdamaian dan rekonsiliasi seperti yang ia lakukan.

Nelson Rolihlahla Mandela atau sering disebut dengan Nelson Mandela, merupakan mantan Presiden Afrika Selatan tahun 1994 sampai 1999. Ia berjasa dalam menghapus pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, serta mendorong rekonsiliasi rasial. Sama halnya seperti Dalai Lama Ke-14 yang mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 1989, Nelson Mandela mendapatkan penghargaan kehormatan tersebut pada tahun 1993.[Bhagavant, 6/12/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: