Korea Selatan » Seni dan Budaya

Lebih Dari 1,6 Juta Orang Kunjungi Festival Tripitaka Korea

Kamis, 7 November 2013

Bhagavant.com,
Changwon, Korea Selatan – Festival Kebudayaan Buddhis Tripitaka Korea yang sedang berlangsung di dekat vihara di bagian selatan Korea Selatan, telah menarik lebih dari 1,6 juta penonton dari awal hingga Senin 4 November 2013, demikian kata penyelenggara.

Festival Tripitaka Korea 2013
Festival Tripitaka Korea 2013. Foto: koreapost.com

Diselenggarakan oleh Komite Organisasi Festival Tripitaka Korea, festival untuk memperingati Tripitaka Korea (Tripitaka Koreana) atau dalam bahasa Korea disebut Palman Daejanggyeong, tahun ini dimulai pada 27 September yang lalu dan berlangsung selama 45 hari di daerah dekat Vihara Haein (Haeinsa) di Hapcheon, Provinsi Gyeongsang Selatan, 354 kilometer di selatan Kota Seoul.

Seperti yang dilaporkan Yonhap News Agency, Senin (4/11/2013), penyelenggara mengatakan selama seminggu ke depan 400.000 pengunjung lainnya akan mengikuti festival yang menyajikan pameran utamanya yang berkaitan dengan teks Buddhis yang bernilai sejarah.

Penyelenggara menambahkan bahwa jumlah pengunjung dapat mencapai 2 juta orang saat festival tersebut berakhir pada Minggu (10/11/2013).

Festival tahun ini diramaikan juga oleh penampilan penyanyi Kim Jong Kook yang menjadi duta  Festival Tripitaka Korea kali ini.

Tripitaka Korea atau Palman Daejanggyeong (80.000 Kumpulan Besar Sutra) merupakan blok-blok cetak kayu berjumlah 81.350 buah yang di dalamnya terukir teks-teks Tripitaka edisi/versi Vihara Haein (versi Tionghoa), terdiri dari 52 ribu lebih karakter dalam aksara Hanja, dan dibuat pada abad ke-13.

Tripitaka Korea merupakan salah satu harta nasional Korea Selatan dan Vihara Haein tempat di mana Tripitaka Korea tersimpan menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.[Bhagavant, 7/11/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: