India » Sosial

Kaum Dalit India Alih Keyakinan Massal Jadi Buddhis

Rabu, 30 Oktober 2013

Bhagavant.com,
Gandhinagar, India – Kaum Dalit di India beralih keyakinan secara massal untuk memeluk agama Buddha pada sebuah kegiatan yang selenggarakan di Desa Dungarpur di pinggiran Kota Junagadh, Gujarat, India pada Minggu 13 Oktober 2013 yang lalu.

Dalam sebuah kegiatan beralih keyakinan bertema: Calō Bud’dha Kī ōra (Chalo Buddh Ki Or – Marilah ke Buddha) yang diprakarsai oleh Buddha Diksha Mahotsav Samiti hampir sekitar 500 orang kaum Dalit secara massal melakukan upacara diksa (inisasi) beralih keyakinan memeluk agama Buddha. Kegiatan diksa tersebut dihadiri oleh ribuan orang, mayoritas kaum Dalit. Kertas elektronik Daily News and Analysis (DNA) India melaporkan pada Senin (14/10).

Kaum Dalit beralih keyakinan memeluk Buddhisme. Foto: colombotelegraph.com

Kaum Dalit tersebut menerima agama baru dihadapan para bhikkhu yang datang khusus dari Ladakh, Mumbai dan Sri Lanka pada kegiatan yang diklaim penyelenggara sebagi puncak usaha mereka selama 21 tahun terakhir.

Rajesh Solanki, seorang aktivis kaum Dalit, yang secara dekat telah mempelajari penekanan terhadap masyarakat kaum Dalit tersebut mengatakan bahwa alih keyakinan ke agama Buddha merupakan ekspresi terorganisir kaum Dalit terhadap ketidakadilan yang ditimpakan kepada mereka selama berabad-abad.

“Ketidakadilan terhadap mereka terus berlangsung bahkan sekarang khususnya di daerah pedalaman Gujarat. Menerima Buddhisme akan memberi mereka satu identitas yang unik dan membantu mereka mengatur lebih baik untuk memperjuangkan hak-hak mereka,” kata Solanki.

Kaum Dalit yang juga sering disebut kaum asprushya (tidak untuk disentuh) merupakan orang-orang yang berada di luar konsep catur-varna (4 warna – kelas sosial) dalam agama Hindu di India.

Meskipun konstitusi India melarang diskriminasi kaum Dalit, namun kaum Dalit sering mengalami diskriminasi sosial dan dianggap sebagai golongan yang tidak diperkenankan untuk disentuh oleh kelas sosial lainnya.

Salah satu tokoh kaum Dalit yang terkemuka di India adalah mendiang Dr. Bhimrao Ramji Ambedkar atau dikenal dengan sebutan Babasaheb, yang juga beralih keyakinan menjadi Buddhis pada 14 Oktober 1956.[Bhagavant, 30/10/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: