Amerika Serikat

Festival Boun Pha Vet di Forest Lake, Minnesota, AS

Selasa, 16 Juli 2013

Buddhisme di Amerika SerikatBhagavant.com,
Minnesota, Amerika Serikat – Suara genderang dipukul dan penari berkostum menari di sekitar boneka besar putih berbentuk gajah dan kuda. Inilah suasana akhir pekan di bagian barat Forest Lake, di mana ratusan orang datang untuk menyaksikan dan ikut serta dalam sebuah festival Buddhis pada Sabtu dan Minggu 29-30 Juni lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Vihara dan Pusat Vipassana Laos yang terletak di 4530 232 St N., belakang Cub Foods. Beberapa bhikkhu telah tinggal di sebuah kuti yang tidak mencolok perhatian sejak vihara tersebut dibuka pada September tahun lalu. Para bhikkhu yang sebelumnya melakukan puja bakti di Minneapolis, memimpin sebuah pelayanan meditasi pada hari Minggu.

PAra bhikkhu memimpin parade di Festival Boun Pha Vet di Forest Lake, Minnesota, AS. Foto:  FB. Lao Temple & Vipassana Center
PAra bhikkhu memimpin parade di Festival Boun Pha Vet di Forest Lake, Minnesota, AS. Foto: FB. Lao Temple & Vipassana Center

Suasana meriah di akhir pekan tersebut terjadi dalam sebuah festival Boun Pha Vet, sebuah perayaan masyarakat Thailand dan Laos terhadap salah satu kehidupan lampau Sang Buddha seperti yang tercantum dalam Vessantara Jataka. Dalam Vessantara Jataka dikisahkan bodhisatta terlahir sebagai seorang pangeran dengan belas kasihnya yang besar mengabdikan diri untuk memberikan hadiah-hadiah, ia terjatuh dalam masalah yang dianggap orang lain sebagai aib karena memberikan seekor gajah yang ajaib. Ia diusir dari keluarganya dan menuju ke hutan dimana ia memberikan semua yang dimilikinya termasuk dua anaknya. Pada akhirnya anak-anaknya dikembalikan lagi dan semuanya berakhir dengan baik

Boun Pha Vet yang dirayakan oleh warga Thailand dan Laos di seluruh dunia, kali ini di Forest Lake mendapatkan sentuhan modern dimana para pengunjung dapat menikmati pertunjukan musik langsung, megunjungi vendor-vendor dan memainkan bola voli versi Asia.

Festival seperti ini baru ada di Forest Lake tapi telah lama diadakan di area Twin Cities.

”Besar sekali,” kata Christina Vilay, bendahara dan seorang pendiri Vihara dan Pusat Vipassana Laos mengenai festival tersebut. ”Tahun depan, mungkin lebih dari ini, akan menjadi lebih besar.” Seperti yang dikutip oleh Forest Lakes Times, Selasa (2/7).

Persiapan festival tersebut telah dilakukan semenjak vihara tersebut dibuka dan membuat para pimpinannya melakukan banyak hal untuk acara ini, demikian kata Vilay dari Brooklyn Park.

Pada festival Boun Pha Vet tersebut juga digalang pengumpulan dana untuk vihara dan para bhikkhu yang mengandalan kehidupan mereka dari mendapatkan dana.

Properti vihara yang mencakup lahan seluas 21 are membuat tempat tersebut cocok untuk festival tersebut. Sebuah festival Buddhis lainnya pada musim gugur tahun ini akan diadakan di tempat ini, kata Vilay.

Vihara dan tanahnya akan dikembangkan sesuai dengan ketentuan, kata Vilay. Gedung puja bakti yang terpisah dari kuti akan ditambahkan. Para bhikkhu sangat menghargai keberadaan pohoh ek tua yang ada di sana, tambah Vilay.[Bhagavant, 16/7/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: