Amerika Serikat

Rencana Alih Fungsi Toko Oprah Jadi Sentra Buddhis

Rabu, 20 Maret 2013

Buddhisme di Amerika SerikatBhagavant.com,
Chicago, Amerika Serikat – Bagi sebagian besar warga Amerika Serikat tidak asing dengan The Oprah Winfrey Show, sebuah acara bincang televisi yang dipandu oleh pembawa acara ternama yang namanya digunakan untuk judul acara tersebut, Oprah Winfrey.

Kepopuleran acara produksi Harpo Productions, Inc yang tayang perdana pada tahun 1986 berdampak pada dibukanya Oprah Store, sebuah toko cendera mata yang berkaitan dengan acara talk show tersebut pada tahun 2008.

Namun, seiring habisnya masa tayang The Oprah Winfrey Show pada 25 Mei 2011, toko yang berlokasi di Jalan N. Carpenter 31, Chicago, Illinois, Amerika Serikat ini, dinyatakan ditutup pada Juni 2011.

Seperti yang dilansir DNAifo Chicago, Kamis 14 Maret 2013, sebuah pusat meditasi yang berada di bagian utara toko Oprah tersebut berencana untuk mengambil alih toko tersebut.

The Shambhala Meditation Center yang sekarang berlokasi di Jalan N. Sheridan 7331, akan segera menjadikan toko Oprah tersebut sebagai markas mereka pada akhir musim panas ini, demikian menurut Gina Caruso ketua dari dewan pengurus organisasi sentra meditasi tersebut.

Oprah Store - Toko Oprah di Chicago, AS. Foto: Jamie G. - Chicago News Report
Oprah Store – Toko Oprah di Chicago, AS. Foto: Jamie G. – Chicago News Report

Organisasi Buddhis yang berafiliasi tradisi Tibet tersebut telah berdiri di Rogers Park sejak 1995 dengan melakukan pelayanan pelajaran meditasi serta membuka meditasi duduk bersama dengan komunitas setempat.

Caruso mengatakan bahwa ruang depan yang besar dari bekas toko Oprah akan digunakan sebagai area utama meditasi dan dapat memuat sekitar 50 hingga 60 orang untuk kegiatan-kegiatan. Wanita itu juga mengatakan bahwa sentra tersebut akan menyediakan layanan komunitas dan kelas-kelas seperti kelas yoga dan merangkai bunga.

“Ini tentunya merupakan sebuah tempat di mana orang-orang dapat merasakan seperti di rumah…dan menjadi kreatif serta memberikan kesempatan melakukan sesuatu yang tidak biasanya mereka lakukan,” katanya.

Shambhala juga berkerja sama dengan Harpo Studios untuk menyediakan sebuah ruang parkir memuat 30 kendaraan yang terletak sekitar satu blok dari sentra tersebut di sudut jalan Carpenter dan Randolph.

“Kami sangat senang menemukan ruang tersebut,” kata Thomas Golz, wakil ketua dewan pengurus sentra tersebut. “Setelah kami berjalan dan melihat lingkungannya, kami menyukai lokasi ini.”

Sentra meditasi tersebut juga ingin menata ulang ruang bawah tanah yang sebelumnya sebagai area penyimpanan, untuk digunakan sebagai kelas-kelas dan aktifitas komunitas.[Bhagavant, 20/3/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN: