Asia Tenggara » Kamboja

Buddhis Kamboja Peringati Magha Puja di Gunung Oudong

Selasa, 5 Maret 2013

Bhagavant.com,
Phnom Penh, Kamboja – Sekitar lebih dari 2 ribu umat Buddha melakukan perjalanan ke Gunung Oudong (Phnom Udong) di provinsi Kampong Speu untuk memperingati hari Magha Puja (Kamboja: Meak Bochea) pada Senin, 25 Februari 2013.

Para umat Buddha Kamboja berdana makanan dalam Magha Puja 2556/2013, Senin 25/3/2013. Foto: Xinhua
Para umat Buddha Kamboja berdana makanan dalam Magha Puja 2556/2013, Senin 25/3/2013. Foto: Xinhua

Sambil memegang bunga lotus, ratusan bhikkhu, anagarika dan anagarini, menyambut kabut fajar di pagi hari saat mereka berjalan berbaris dalam sebuah prosesi yang khidmat menuju Gunung Oudong. Seperti yang dilaporkan oleh The Phnom Penh Post. Selasa (26/2).

Bersama lebih dari 2000 umat Buddha lainnya – yang terdiri dari para pejabat pemerintah dan masyarakat umum, mereka melakukan perjalanan menuju stupa di gunung tersebut yang dipercaya di dalamnya terkubur tiga buah tulang Sang Buddha.

Sesampainya di sana mereka menyalakan lilin dan melakukan puja bakti bersama untuk memperingati salah satu hari besar agama Buddha tersebut.

Im Borin, salah seorang pejabat dari Komite Nasional Penyelenggaraan Festival Nasinal dan Internasional mengatakan bahwa puja bakti yang dilakukan tersebut dipimpin oleh dua bhikkhu sangharaja dan menteri seni dan kebudayaan serta menteri agama dan kepercayaan.

“Banyak umat awam yang juga pergi ke sana untuk memberikan dana makanan kepada para bhikkhu,” katanya.

Meskipun merupakan hari libur nasional, di negara tersebut Magha Puja tidak dirayakan secara besar, tidak seperti Vesak Puja yang akan diperingati 3 bulan setelahnya.

Magha Puja (Māgha Pūjā) merupakan hari untuk memperingati saat 1.250 Arahant berkunjung secara bersamaan tanpa pemberitahuan satu dengan yang lain untuk memberikan penghormatan kepada Buddha Gotama yang kemudian Beliau memberikan mereka wejangan Dhamma yang disebut dengan Ovāda Pātimokkha, yang merupakan prinsip-prinsip dasar ajaran semua Buddha. Semua ini terjadi di hari bulan purnama pada bulan Māgha dalam penanggalan Buddhis.

Selain itu, pada bulan yang sama umat Buddha Kamboja juga memperingati hari disaat usia-Nya telah lanjut, Sang Buddha menetapkan bahwa 3 bulan mendatang Ia akan parinirvana (parinibbana), yaitu di bulan Vesak.[Bhagavant, 5/3/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: