Asia Selatan » India

Dalai Lama Buka Buddhis Samagama Internasional di Patna

Jumat, 4 Januari 2013

Buddhisme di IndiaBhagavant.com,
Patna, India – Dalai Lama Ke-14, Tenzin Gyatso, akan meresmikan pembukaan Buddhis Samagama Internasional (Pertemuan Buddhis Internasional) yang berlangsung selama 3 hari di Patna, India, mulai 5 Januari.

Pertemuan yang diperkirakan menarik sekitar 1500 delegasi dari berbagai negara tersebut akan diadakan di Taman Buddha Smriti (Buddha Smriti Park) di Patna yang telah diresmikan oleh Dalai Lama pada tahun 2010 lalu saat peringatan ke 2550 Mahaparinirvana Sang Buddha.

Seperti yang dilansir oleh TNN, para delegasi dan para bhikkhu-bhiksu/ni yang berasal dari China, Thailand, Sri Lanka, Birma, Jepang, dan negara-negara lainnya akan menghadiri pertemuan yang akan berakhir pada 7 Januari. Mereka akan bermusyawarah mengenai berbagai aspek kehidupan dan ajaran Buddha.

Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Komite Manajemen Vihara Mahabodhi Bodh Gaya.

Ketua Menteri Negara Bagian Biar, Nitish Kumar, saat melihat persiapan pertemuan tersebut pada Minggu (30/12) tahun lalu mengatakan bahwa dalam petemuan itu akan membuat pesan pedamaian dan keharmonisan kepada dunia.

Stupa Patliputra Karuna di Taman Buddha Smriti, Patna, India. Foto: tourismbihar.in
Stupa Patliputra Karuna di Taman Buddha Smriti, Patna, India. Foto: tourismbihar.in

Kemarin Kamis (3/1), Ketua Menteri Nitish Kumar menyempatkan diri menyambut Dalai Lama saat kedatangannya di bandar udara Patna.

Hari ini Dalai Lama memasang sebuah rupa Buddha di antara dua pohon suci Bodhi di Taman Buddha Smriti, satu pohon berasal dari Bodh Gaya dan yang lainnya dari Anuradhapura, Sri Lanka. Kedua anak pohon Bodhi tersebut telah ditanam oleh Dalai Lama saat peresmian taman tersebut pada 27 Mei 2010.

Dalam Taman Buddha Smriti juga terdapat sebuah stupa yang diberi nama oleh Dalai Lama dengan nama Stupa Patliputra Karuna. Di dalam stupa terdapat relikui buddhis yang dibawa dari lima negara, yaitu dari Sri Lanka, Jepang, Thailand, Birma, dan Korea Selatan.

Para umat datang bermeditasi di stupa tersebut, dan pemerintah setempat berencana untuk membuka sebuah museum di sana untuk memberikan informasi dasar kepada para pengunjung mengenai Sang Buddha dan Agama Buddha.[Bhagavant, 4/1/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: