Asia Timur » Perdamaian » Tiongkok

Puja Bakti Massal Perdamaian Dunia di Tibet

Minggu, 30 Desember 2012

Buddhisme dan PerdamaianBhagavant.com,
Qinghai, China – Sebuah vihara di bagian Prefektur Otonomi Tibet di Provinsi Qinghai, wilayah barat China, mengadakan sebuah puja bakti secara massal pada Jumat, 28 Desember 2012.

Seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Xinhua, Sabtu (29/12), lebih dari 5.100 bhiksu dari 74 vihara berkumpul di Vihara Jiegu (Gyegu/Kyegu/Jyegu/Yushu Gompa/Dondrub Ling – ed) di Provinsi Qinghai untuk melakukan puja bakti bersama secara massal sebagai penutupan pertemuan enam hari untuk perdamaian dunia yang mereka lakukan sebelumnya.

Bersama dengan ribuan umat, para bhiksu melantunkan teks-teks suci di sebuah aula baru kitab suci yang sebelumnya rusak setelah gempa bumi yang terjadi pada tahun 2010.

Puja bakti tersebut diharapkan untuk perdamaian dunia, kesejahteraan nasional dan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Vihara Jiegu yang berusia 2.100 tahun merupakan vihara terbesar dan berpengaruh dari Buddhisme Tibet aliran Sakya, salah satu dari empat aliran besar Buddhisme Tibet selain Nyingma, Kagyu, dan Gelug. Vihara tersebut berada di kota Jiegu (Gyegu), Prefektur Otonomi Tibet Yushu.

Vihara tersebut telah melakukan pelayanan puja bakti massal selama 14 tahun yang dilaksanakan sekitar tanggal 15 Oktober pada penanggalan Tibet.

Dilaporkan vihara tersebut terkena dampak kerusakan dari gempa yang mengguncang Yushu pada 14 April 2010.[Bhagavant, 30/12/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN: