Eropa » Gerakan Buddhis » Sosial

Relawan Tzu Chi Bantu Korban Gempa Italia Utara

Rabu, 26 Desember 2012

Yayasan Buddha Tzu ChiBhagavant.com,
Roma, Italia – Para anggota Yayasan Buddha Tzu Chi dari Jerman, Perancis dan Inggris dengan berani menerjang salju di bagian utara Italia pada Sabtu (16/12) untuk membagikan kupon-kupon belanja untuk para warga yang terkena gempa bumi pada Mei lalu.

Seperti yang dilaporkan oleh Cheng Chieh-yi dan Scully Hsiao untuk CNA, ke-37 relawan tersebut membagikan kupon-kupon belanja yang masing-masih bernilai 100 Euro (1,2 juta Rupiah) untuk sekitar 400 warga di kotapraja Bondeno dan Finale Emilia untuk membantu mereka melewati musim dingin.

Para warga di kedua wilayah yang merupakan bagian dari wilayah Emilia Romagna yang dilanda gempa berkekuatan 5,9 magnitudo pada 20 Mei lalu, sangat membutuhkan pertolongan, dan gerakan amal tersebut mengutamakan keluarga-keluarga yang memiliki anggota keluarga manula dan anak-anak, atau mereka yang kesulitan dana, demikian kata Chen Shu-wei, salah seorang relawan Taiwan asal Jerman kepada CNA.

Saat ini Yayasan Tzu Chi tidak memiliki cabang di Italia dan para relawan melakukan perjalanan melintasi perbatasan-perbatasan ke daerah-daerah yang terkena bencana dengan menggunakan bus perjalanan, meskipun salju lebat mulai turun pada hari-hari sebelumnya.

Chen mengatakan bahwa orang-orang yang datang untuk emngambil kupon pada awalnya merasa agak malu bahkan bersikap dingin, namun mulai melunak saat mereka mengetahui lebih baik mengenai apa yang dilakukan oleh kelompok dari organisasi Buddhis tersebut.

“Anda bisa melihat bahwa beberapa dari mereka penuh dengan kebahagiaan dengan melihat wajah-wajah mereka, sementara yang lain bahkan memeluk kami atau menjabat tangan kami,” kata Chen.

Para relawan juga memutar sebuah video yang berisi harapan dan dorongan oleh pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen untuk para korban bencana gempa.

Angelo d’Aiello, seorang pejabat Finale Emilia, mengatakan bahwa pemerintah kotapraja terpaksa berpaling kepada para badan amal untuk meminta bantuan, mengingat sumber daya pemerintah yang terbatas.

Claudio Sabatini, seorang wirausahawan dan koordinator gerakan amal di wilayah tersebut mengatakan bahwa acara tersebut menandai awal yang baik untuk bekerja sama dengan kelompok Buddhis tersebut.

Pada bulan Mei 2012, dua gempa bumi besar terjadi di Italia Utara, menyebabkan 26 orang tewas dan menyebabkan kerusakan yang meluas. Dua gempa susulan dengan magnitudo 5,2 terjadi, sekitar satu jam setelah gempa utama.[Bhagavant, 26/12/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: