Buddhisme dan Kesehatan » India » Pelayanan Buddhis » Sosial

Vihara Mahabodhi Berencana Bangun Rumah Sakit

Selasa, 4 Desember 2012

Vihara Mahabodhi, Bodh GayaBhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Vihara Mahabodhi berencana untuk membangun sebuah rumah sakit dan perguruan tinggi medis berkelas dunia dengan bantuan keuangan internasional di wilayah Bihar, India Utara, demikian kata salah seorang pejabat resmi para Rabu (28/11).

“Komite manajemen vihara telah memutuskan untuk mendirikan sebuah rumah sakit dan perguruan tinggi medis Buddhis di Bodh Gaya dengan bantuan dari negara-negara Buddhis di Asia Tenggara,” demikian kata sekretariks Komite Manajemen Vihara Bodh Gaya, Sri Nangzey Dorjee, seperti yang dilaporkan oleh IANS (28/11).

Sri Nangzey Dorjee mengatakan kepada IANS bahwa hal tersebut akan menjadi proyek pengembangan pertama di Bodh Gaya yang tujuan utamanya adalah untuk melayani kaum miskin dan memberi mereka perawatan medis dan layanan kesehatan terbaik.

“Saya senang untuk megungkapkan bahwa sejumlah pejabat dari kedutaan besar negara-negara Buddhis Asia Tenggara telah menunjukkan minat untuk membantu proyek yang diajukan di Bodh Gaya,” katanya menambahkan.

Bapak Dorjee mengatakan bahwa keuangan bukanlah menjadi sebuah masalah. “Sebagian besar dari 22 negara Asia Tenggara akan mendanai proyek tersebut karena akan dibangun di Bodh Gaya,” katanya.

Pihak komite juga telah mengambil sebuah kangkah lebih lanjut dengan mendatangi pemerintah wilayah administrasi Gaya mengenai tanah dan kebutuhan lain yang terkait.

“Kami ingin memulai pekerjaan proyek tersebut segera setelah tanah tersebut disediakan bagi kami oleh pemerintah negara bagian,” kata Bapak Dorjee.

Vihara Mahabodhi dinyatakan sebagai sebuah Situs Warisan Dunia pada Juni 2002 oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).[Bhagavant, 4/12/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis: