Asia Oseania » Asia Timur » Gerakan Buddhis » Pelayanan Buddhis » Sosial » Taiwan

Merubah Vihara Menjadi Tempat Perlindungan

Sabtu, 15 Agustus 2009

Buddhisme dan EkosistemLife News Agency,
Taipei, Taiwan – Y.M. Hsing Yun, pendiri Fo Guang Shan telah menginstruksikan setiap cabang vihara di Taiwan untuk menjadi tempat perlindungan sementara bagi para korban bencana topan Marakot.

Y.M. Hsing Yun lebih lanjut menginstruksikan setiap cabang Vihara Fo Guang Shan untuk menempatkan para korban bencana di aula Buddha dan menyediakan mereka berbagai barang dan material.

Sebagai respon terhadap kondisi yang sangat parah yang ditinggalkan oleh topan Marakot, ”Operasi Penyelamatan Fo Guang Shan” didirikan pada 7 Agustus. Ketua komandan operasi, Y.M. Hui Chuan segera memberikan instruksi kepada seluruh cabang Vihara Fo Guang Shan di Taiwan untuk melakukan segala daya upaya dalam operasi penyelamatan, dan untuk berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Kaohsiung dan seluruh departemen yang terkait.

Setelah mendengar berita bencana tersebut, segera sumbangan sebesar 10 juta Dolar Taiwan Baru (NT) di sumbangkan oleh pendiri Fo Guang Shan, Y.M. Hsing Yun yang dilakukan oleh Yayasan Bantuan dan Penyelamatan Topan Marakot.

Selain itu, semua cabang Vihara Fo Guang Shan memberikan perlindungan bagi para korban selamat, para bhiksu dan bhiksuni dikirimkan untuk memberikan dukungan spiritual bagi para korban, dan cabang vihara di seluruh dunia melakukan pelafalan sutra untuk berdoa dan memberkati para warga yang terkena dampak badai.

Pada tanggal 10 Agustus Kesatuan Pasukan Aviasi mengirimkan helikopter UH1H ke desa Siaolin, sebuah desar terpencil, dan menyelamatkan 19 orang. Mereka diangkut ke Kompleks Kesejahteraan Sosial Cishan untuk sarapan, dan kemudian menuju Pusat Buddhis Fo Guang Shan Cishan.

Mereka yang lemah dan sakit dibawa ke Rumah Sakit Chi-Shan untuk perawatan. Pejabat Sipil Daerah Kaohsiung, Yang Chiu-hsing, juga hadir untuk melakukan inspeksi daerah-daerah bencana dan operasi langsung.

Kemudian, ia menuju ke Pusat Buddhis Cishan untuk menghibur para korban selamat yang ditempatkan di Pusat Buddhis Fo Guang Shan Cishan. Menteri Dalam Negeri Liao Liao-yi juga mendesak untuk memperbaiki kondisi yang terkena bencana.

“Y.M. Hsing Yun sangat prihatin dengan situasi bencana topan ini. Beliau menginstruksikan Fo Guang Shan untuk berkerja sama secara penuh dengan pemerintah, dan memberikan dukungan dan bantuan dalam usaha bantuan dan penyelamatan,“ kata Y.M. Hui Chuan di Pusat Buddhis Cishan.

Selain menyatakan terima kasihnya kepada Y.M. Hsing Yun dan Fo Guang Shan atas keperdulian dan bantuan mereka, Pejabat Yang juga menyatakan penghargaannya ketika ia melihat vihara menjadi sebuah tempat perlindungan bagi para korban, dimana vihara telah disusun dengan baik dan dilengkapi dengan makanan dan minuman, kamar, sebuah tim medis, dan sebagainya.

Karena masih banyak yang terperangkap di daerah bencana dan adanya permintaan untuk sumbangan barang dan material, Fo Guang Shan meminta dukungan dari masyarakat.

Anda dapat menyumbang ke:
Nama rekening: Fo Guang Shan Monastery
Nomor rekening: 04632451
Telp Fo Guang Shan Rescue Operation: (07) 656-1921 ext. 1919.

Kata kunci: , , , , ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: