Asia Oseania » India

Ancaman Teror, Vihara Mahabodhi Dijaga Ketat

Rabu, 7 November 2012

Vihara Mahabodhi, Bodh GayaBhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Seminggu lalu, penjagaan ketat dengan beberapa tindakan pengamanan diberlakukan di Vihara Mahabodhi, Bodh Gaya, di wilayah Bihar, India, dengan menempatkan pasukan khusus India, Special Task Force (STF), setelah mendapat ancaman serangan dari miliatan.

Seperti yang dilaporkan oleh Press Trust of India (PTI), Selasa 30 Oktober 2012, sebagai bagian dari tindakan pengamanan tersebut, satu peleton STF ditempatkan di Vihara Mahabodhi secara permanen, demikian kata N. Hasnain Khan, Deputi Inspektur Jenderal Polisi untuk Wilayah Magadha kepada PTI.

Komite Manajemen Vihara Bodh Gaya (BTMC) dan polisi wilayah juga telah mengatur langkah-langkah pengamanan di dalam dan di sekitar Vihara Mahabodhi.

Langkah-langkah keamanan tersebut diambil setelah ancaman dari para militant Mujahidin India yang mengancam untuk menyerang vihara tersebut, kata Hasnain Khan.

Menurut sumber resmi, langkah-langkah pengamanan tersebut antara lain berupa pemasangan kamera-kamera televisi sirkuit tertutup (CCTV) di dalam dan di sekitar vihara, patroli sepanjang waktu oleh polisi di jalan Gaya-Dobhi dan Gaya-Falgu serta menempatkan polisi wanita di vihara untuk menggeledah para peziarah wanita.

Keputusan untuk langkah-langkah pengamanan tambahan di vihara tersebut diambil pada rapat yang diadakan baru-baru ini oleh BTMC dan pihak berwenang setempat.

Berbagai vihara juga akan ditempatkan di bawah pengawasan oleh kamera-kamera CCTV, kata mereka.

Sebuah ruang kontrol akan dibangun di kantor polisi Bodh Gaya yang terletak dekat dengan Vihara Mahabodhi untuk memonitor aktivitas dan pergerakan orang-orang yang berada di wilayah tersebut.

Vihara Mahabodhi sendiri merupakan salah satu dari 84.000 bangunan ibadah yang dibangun oleh Kaisar Asoka Yang Agung pada abad ke-3 S.M.[Bhagavant, 7/11/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: