Amerika Utara » Gerakan Buddhis » Kanada » Solidaritas Buddhis

Buddhis Toronto Protes Kekerasan Terhadap Buddhis Bangladesh

Minggu, 21 Oktober 2012

Gerakan BuddhisBhagavant.com,
Toronto, Kanada – Kekerasan terhadap minoritas Buddhis oleh ekstremis Muslim di Ramu, Chittagong, Bangladesh, juga menuai protes oleh Buddhis di Toronto, Kanada.

Bertempat di Pojok Pembicara (Speakers Corner) Pusat Kota di Nathan Phillips Square, di Wilayah Toronto Raya, Kanada, puluhan umat Buddha termasuk para bhikkhu, pada 13 Oktober 2012 mengadakan aksi damai ikut memprotes serangan kekerasan yang babar terhadap Buddhis oleh ekstremis Muslim di Ramu, Chittagong, Bangladesh.

Manipulasi gambar screenshot Facebook anti-Islam yang dibuat oleh dua pemuda Muslim yang dituduhkan kepada seorang Buddhis lokal, telah membuat kerusuhan pada Sabtu 29 September yang mengakibatkan belasan vihara dan puluhan rumah Buddhis hancur dan dibakar.

Aksi Protes Buddhis di Toronto, Kanada perihal kekerasan terhadap Buddhis Bangladesh. Foto: Lankaweb
Aksi Protes Buddhis di Toronto, Kanada perihal kekerasan terhadap Buddhis Bangladesh. Foto: Lankaweb

Peristiwa Sabtu kelabu tersebut, telah menambah rentetan penganiayaan dan kekerasan terhadap Buddhis seperti halnya yang terjadi pada beberapa abad silam, seperti yang terjadi pada universitas kuno Buddhis, Nalanda.

Seperti yang dilaporkan oleh Lankaweb (20/10), aksi protes damai tersebut diprakarsai oleh Y.M. Bhikkhu Saranapala, seorang bhikkhu asal Bangladesh dari Vihara dan Pusat Budaya Buddhis West End, Y. M. Kulugammana Dhammawasa Nayaka Thera, Kepala Vihara Buddhis West End; Y. M. Ahangama Rathanasiri Nayaka Thera, Kepala Mahavihara Toronto; dan Y. M. Ashin Kawwida Maha Thera, Kepala Vihara Maha Dhammika Birma di Toronto; dan juga beberapa tokoh komunitas Buddhis di Wilayah Toronto Raya.

Alih-alih melakukan demonstrasi dengan teriak-teriakan keras, para bhikkhu yang telah membentuk Dewan Sangha ad hoc tersebut menyerukan kepada vihara-vihara di Wilayah Toronto Raya untuk bersama-sama melakukan pelafalan ‘Saccakiriya’ atau Pernyataan Kebenaran.

Saat para bhikkhu dari beragam tradisi Buddhis dari Bangladesh, Birma, Sri Lanka Vietnam, Jepang, Kamboja, Laos dan India berdiri dalam barisan di keheningan di Pokok Pembicara bersama dengan komunitas Buddhis masing-masing, nampak para simpatisan dan para pembelanja toko di Sabtu di Pusat Kota Toronto mengambil bagian dalam protes damai tersebut.[Bhagavant, 21/10/12, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: