Asia Selatan » India

Konklaf Buddhis Internasional 2012 di Varanasi

Selasa, 25 September 2012

Ziarah Buddhis di IndiaBhagavant.com,
Uttar Pradesh, India – Kementerian Pariwisata India akan menyelenggarakan sebuah Konklaf Buddhis Internasional (International Buddhist Conclave) di Varanasi (Benares), Uttar Pradesh, India pada penghujung September ini.

Pertemuan yang berlangsung dari 29-30 September 2012 tersebut bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Jalur Buddhis, rangkaian rute perjalanan ziarah religius (Dhamma Yatta/ Bodhi Yatra) menuju situs-situs warisan Buddhis di India.

Kementerian Pariwisata mengundang para cendekiawan dan penyelenggara tur/ perjalanan dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam konklaf yang berlangsung selama dua hari tersebut. Sekitar 350 delegasi dari 16 negara bagian di India dan 30 negara di dunia akan hadir. Sebanyak 28 negara telah mengonfirmasikan partisipasi mereka.

Konflaf tersebut akan dibuka oleh Ketua Menteri Uttar Pradesh Akhilesh Yadav pada 29 September di Nadesar di kota Varanasi dan Menteri Pariwisata Subodh Kant Sahai akan menghadiri pertemuan tersebut bersama dengan para pejabat dan para penyelenggara tur di Uttar Pradesh, Andhra Pradesh, Bihar, Jammu dan Kashmir, Odisha, Bengal Barat, Arunachal Pradesh, Bihar, Chhatisgarh, Haryana, Himachal Pradesh, Jharkhand, Madhya Pradesh, Maharashtra, Punjab dan Sikkim, seperti yang dilaporkan oleh The Time of India, Selasa (25/9).

Delegasi negara-negara lain yang juga rencananya akan menghadiri pertemuan tersebut antara lain dari Jepang, Korea, Taiwan, China, Hong Kong, Vietnam, Kambodia, Thailand, Indonesia, Sri Lanka, Bhutan, Nepal, Belanda, Belgia, Inggris, Hongaria, Serbia, Itali and Spayol, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Pada pertemuan akan diadakan sebuah diskusi panel mengenai “Ziarah Buddhis di India” dilanjutkan dengan presentasi dari 16 negara bagian India, Perusahaan Kereta Api dan Jasa Boga India (IRCTC) dan Pawan Hans, perusahaan helikopter India.

Sehari sebelumnya, Jumat 28/9, sebuah upacara puja Ganga Aarti akan diselenggarakan untuk para delegasi di Dasaswamedh Ghat, Varanasi.

Para delegasi juga akan mengunjungi museum dan situs arkeologi di Sarnath. Selain itu, sebuah malam budaya juga akan diselenggarakan di Sarnath pada hari yang sama dengan menanpilkan sebuah drama tari oleh Dr. Mallika Sarabhai dan rombongannya, dengan judul “Pada Langkah Kaki-Nya”, yang menggambarkan kehidupan, filsafat, dan ajaran Sang Buddha.

Selain itu, sebuah ekshibisi akan diselenggarakan di tempat yang sama di mana negara-negara bagian India akan memperlihatkan tempat-tempat Buddhis dan tempat-tempat wisata potensial lainnya.

Konklaf akan dilanjutkan pada 30 September yang rencananya akan dimulai dengan lokakarya mengenai “Menghubungkan Potensi Pariwisata Masa Depan Wisatawan Buddhis di India”. Setelah itu para delegasi akan berangkat ke Bodh Gaya di Bihar di mana akan menyimpulkan hasil dari konklaf tersebut.[Bhagavant, 25/9/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis: