Asia Oseania » Asia Selatan » India

Pemuda Muslim Pelindung Vihara di Bihar

Buddhisme di IndiaIANS,
Bihar, India – Seorang pemuda Muslim ditunjuk sebagai penasihat dan pelindung dari vihara pusat kegiatan komunitas Thailand di Bodh Gaya, dimana Sang Buddha mencapai penerangan sekitar 2.550 tahun yang lalu.

Sabi A. Shamsi, usia sekitar 30-an, yang tinggal di distrik Gaya, telah ditunjuk oleh raja Thailand, Bhoomibhol Adulyadej, sebagai penasihat dan pelindung bagi vihara Neranjarawas, yang akan didanai oleh para umat Buddha yang tinggal di Thailand dan Amerika Serikat.

Beberapa sumber mengatakan bahwa raja Thailand memilihnya untuk kehormatan yang jarang terjadi ini karena terkesan oleh pelayanan ketanpapamrihan Shamsi bagi keharmonian komunitas di Bodh Gaya.

”Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya diberikan tanggung jawab oleh raja Thailand,” kata Shamsi. Ia mengatakan bahwa vihara Neranjarawas akan dapat memperkuat keharmonisan komunitas dan agama.

Belum pernah ada sebelumnya seorang Muslim ditunjuk sebagai penasihat dan pelindung bagi vihara. ”Tidak ada preseden seperti itu dalam sejarah,” kata seorang sarjana Buddhis. Ada lebih dari 30 biara Buddhis di Bodh Gaya, kebanyakan milik Thailand atau Jepang.

Vihara pusat kegiatan komunitas, akan dibangun dengan biaya Rs.160 juta (Sekitar Rp. 42, 5 milyar), termasuk sekolah, rumah sakit, pusat komunitas dan rumah tamu bagi para bhikkhu yang datang ke Bodh Gaya dari seluruh dunia.

Raja Thailand memberikan kehormatan kepada Shamsi dengan koin emas kerajaan. Hanya 50 buah koin seperti itu yang dicetak di Thailand yang diberikan oleh raja kepada orang-orang terhormat dari seluruh penjuru dunia.

Kata kunci: , , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN