Asia Oseania » Asia Selatan » India

Pertemuan Dharma-Dhamma Internasional 2012 di India

Rabu, 19 September 2012

Buddhisme di IndiaBhagavant.com,
Madhya Pradesh, India – Presiden Sri Lanka, Mahinda Rajapaksa, para cendekiawan, dan para filsuf dari sekitar 22 negara termasuk Inggris, Belanda, Vietnam, China, Israel, Indonesia, Jepang, dll. Akan berpartisipasi dalam International Dharma-Dhamma Sammelan (Pertemuan Dharma-Dhamma Internasional) yang akan diadakan di Bhopal, Madhya Pradesh, India pada 22-23 September 2012.

Seperti yang dilansir oleh situs Departemen Hubungan Kemasyarakatan Madhya Pradesh, hal tersebut telah diungkapkan oleh Menteri Kebudayaan Kabinet negara bagian Madhya Pradesh, Laxmikant Sharma di New Delhi Rabu, 29 Agustus lalu. Pertemuan antara Hindu dan Buddhis tersebut diselenggarakan secara bersama oleh Departemen Kebudayaan Madhya Pradesh, Pusat Studi Agama dan Masyarakat New Delhi, dan Mahabodhi Society Sri Lanka.

Menteri Kebudayaan, Laxmikant Sharma memberitahukan bahwa Pertemuan Dharma dan Dhamma yang diselenggarakan tersebut berfokus pada tema tradisi-tradisi besar India, aspek-aspek multi-dimensi, dan tradisi keagamaan India yang terkoordinasi. Tradisi-tradisi multi-dimensi dan terkoordinasi ini meninggalkan sebuah dampak yang mendalam pada filsafat hidup dan pandangan di India. Dialog dan koordinasi berbagai peradaban akan diadakan di Pertemuan Dharma-Dhamma Internasional tersebut. Menteri Kebudayaan juga mengatakan bahwa simposium internasional ini merupakan sebuah pendekatan penting terhadap ketidakakuratan dalam beberapa hal, yang juga akan memproyeksikan kekayaan spiritual di Sanchi dan beberapa daerah lainnya di Madhya Pradesh.

Dr. Vinod Sahastrabuddhe dari Pusat Studi Agama dan Masyarakat menginformasikan bahwa tujuan dari konferensi ini adalah untuk mempresentasikan dua ideologi yang paling kuno (Hinduisme dan Buddhisme) dalam perspektif yang benar. Lebih dari 120 cendekiawan akan mempresentasikan makalah penelitian mereka pada konferensi tersebut. Dari jumlah yang hadir tersebut, 40 orang peneliti berasal dari luar negara India. Dan pada akhir konferensi tersebut, Deklarasi Sanchi-Bhopal yang akan menjadi inti dari konferensi tersebut akan dibuat.

Pembina dari komite pertemuan tersebut adalah Ketua Menteri Madhya Pradesh, Shivraj Singh Chouhan, Shankaracharya Jayendra Saraswati, dan filsuf terkemuka Dr. Lokesh Chandra dan Lamba Lokjenk.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kebudayaan, Laxmikant Sharma juga memberitahukan bahwa bhumi poojan (puja bumi) – sebuah tradisi upacara yang dilakukan untuk meresmikan lokasi baru bagi pembangunan bangunan, untuk Universitas Buddhis di Sanchi di distrik Raisen akan diadakan pada 21 September 2012. Universitas tersebut akan diberi nama dengan nama Universitas Buddhisme Sanchi.[Bhagavant, 19/9/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: