Seremonial

Pesan Vesak 2012 Perserikatan Bangsa-Bangsa

Rabu, 2 Mei 2012

Perserikatan Bangsa-BangsaBhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Tertuang dalam dokumen No. SG/SM/14266, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Sekretaris Jenderal PBB, menyampaikan pesan Vesak 2012 pada Selasa, 1 Mei.

Dalam pesan singkatnya yang dilansir oleh situs resmi PBB, menyatakan bahwa Buddhisme meyakini bahwa merubah sifat manusia dapat mengubah dunia untuk meningkatkan kondisi planet kita dan juga penduduknya.

Berikut kutipan dari ringkasan pesan Vesak 2012 yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon:

Kita memperingati Hari Vesak tahun ini sebagaimana komunitas internasional memasuki persiapan akhir untuk Konferensi PBB mengenai Pembangunan Berkelanjutan di Rio de Janeiro – sebuah kesempatan sekali dalam sebuah generasi untuk menata dunia pada sebuah jalur pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan.

Buddhisme telah banyak memberikan proses tersebut. Pernyataan Sang Buddha bahwa, “Cara untuk mengubah dunia adalah dengan mengubah sifat manusia,” memberikan wawasan yang kritis pada bagaimana untuk meningkatkan kondisi bagi planet kita dan juga penduduknya.

Semangat untuk peduli bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk orang lain, berdasarkan pada sebuah kesadaran akan keterkaitan nasib kita, terletak dalam inti Buddhisme – dan juga semua agama-agama besar di dunia.

Ajaran ini menantang para keluarga, komunitas dan bangsa agar bertindak bersama untuk meningkatkan kemajuan kesejahteraan kita bersama. Itulah cara terbaik untuk menjamin kemajuan individu dan kolektif di dalam dunia yang saling berketergantungan.

Kita juga harus mengubah asumsi lama dan membuka pikiran kita terhadap gagasan-gagasan baru dan solusi-solusi yang memungkinkan jika kita ingin mengatasi ancaman global yang utama, dari pengembangan senjata mematikan sampai ketidaktoleranan dan ketidaksetaraan.

Saya mengundang umat Buddhis dan masyarakat dari semua tradisi untuk menggunakan kesempatan Hari Vesak untuk merenungkan bagaimana kita dapat mengubah tindakan kita untuk membuka jalan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan.[Bhagavant, 2/5/12/, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: