Thailand

Puja Bakti Sambut Tahun Baru 2012 di Thailand

Senin, 9 Januari 2012

Buddhisme di ThailandBhagavant.com,
Bangkok, Thailand
 – Lebih dari sejuta umat Buddha di Thailand secara nasional membuka Tahun Baru 2012 dengan hadir di vihara-vihara untuk melakukan puja bakti pada malam Tahun Baru, demikian yang kata pihak berwenang yang dilaporkan oleh The Nation (2/1).

Kepala Kantor Urusan Agama Buddha Nasional (Office of National Buddhism), Nopparat Benjawattananant mengatakan bahwa dari laporan awal diketahui bahwa lebih dari sejuta orang bergabung bersama dalam puja bakti di vihara-vihara di seluruh negeri gajah putih tersebut. Survei yang dilakukan di provinsi-provinsi secara acak menemukan bahwa sekitar 20 vihara mengadakan puja bakti dengan masing-masing vihara menampung 10.000 pengunjung. Ia juga mengatakan bahwa semenjak tren terhadap puja bakti meningkat, katornya akan secara resmi mengadakan survei terhadap jumlah para pengunjung sebagai dasar bagi rancangan kerja kantornya.

Asisten kepala Vihara Sa Ket (Wat Sa Ket) Bangkok, Phra Wichitdhammapon mengatakan bahwa kampanye puja bakti yang diselenggarakan oleh Dewan Sangha Agung, Kantor Urusan Agama Buddha Nasional, dan pemerintah, berhasil dengan hanya di Vihara Sa Ket saja terlihatnya lebih dari 30.000 orang yang menghadiri puja bakti.

Delapan puluh persen dari pengunjung adalah para remaja dan orang usia kerja, Phra Wichitdhammapon mengatakan hal ini merupakan petanda baik bahwa kaum muda telah tertarik menghadiri kegiatan keagamaan dan mendorong para orang tua untuk membentuk sebuah teladan yang baik bagi anak-anak mereka dengan berbuat kebaikan.[Bhagavant, 9/1/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis: