Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia

Konferensi Global Buddhisme Ke-7, di Jakarta

Minggu, 11 September 2011

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Global Buddhisme Ke-7 (7th Global Conference on Buddhism) yang rencananya akan diadakan menjelang akhir tahun 2011 di Jakarta.

Konferensi Global Buddhisme Ke-7, Jakarta Indonesia

Konferensi Buddhis bertaraf internasional yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini akan digelar selama dua hari penuh, pada Sabtu dan Minggu, 10 – 11 Desember 2011, di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jl. Gatot Subroto Kav. 37, Jakarta Selatan.

Acara yang diselenggarakan oleh Buddhist Fellowship Indonesia (Persaudaraan Buddhis Indonesia – red) dan didukung oleh Buddhist Fellowship Singapore ini mengangkat tema utama: Buddhist Solutions for the Modern Troubled Times (Solusi Buddhis untuk Permasalahan di Kehidupan Modern).

Menghadirkan 11 cendekiawan Buddhis dari mancanegara, baik dari kalangan anggota sangha hingga pakar bisnis, konferensi tersebut membahas mengenai bagaimana Buddhisme memberikan solusi atas permasalahan di kehidupan modern yang tidak terselesaikan dan terus berulang.

Kesebelas pembicara dalam konferensi tersebut antara lain: Ajahn Brahmavamso (Ajahn Brahm), Ajahn Brahmali dan Ajahn Sujato dari Australia; Bhiksu Guo Jun dari Singapura; Bhiksu Hueiguang dari Taiwan; Ringu Tulku Rinpoche dari Belgium; Bhikkhu Kheminda dan Bhikkhu Jayamendho dari Indonesia, Angie Monksfield dari Singapura, Dr. Wong Yin On dari Malaysia, dan Danai Chanchaochai dari Thailand.

Konferensi tersebut akan dibagi menjadi 7 sesi yang akan didahului dengan pembicaraan kunci berjudul: Membina Perdamaian dalam Keragaman Agama dan Budaya (Fostering peace in multi-religious and multi-cultural communities).

Dengan mengikuti konferensi tersebut para peserta diharapkan bisa mendapatkan jawaban dalam pembahasan mengenai mengupas tuntas problema kehidupan yang tidak terselesaikan dan terus terulang, pembuktian ajaran Buddha yang masih dapat dijadikan pegangan kehidupan hingga saat ini.

Konferensi Global Buddhisme (Global Conference on Buddhism – GCB) sendiri telah diselenggarakan selama 6 kali. Konferensi Global Buddhisme Ke-1 pada Juni 2000 di Singapura; Ke-2 pada Desember 2002 di Shah Alam, Malaysia; Ke-3 pada Juni 2004 di Suntec, Singapura; Ke-4 pada Juni 2006 di Perth, Australia; Ke-5 pada November 2007 di Petaling Jaya, Malaysia; dan Ke-6 pada Desember 2008 di Auckland, New Zealand.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Konferensi Global Buddhisme Ke-7 ini dapat mengakses ke: 7th Global Conference on Buddhism (English) atau Konferensi Global Buddhisme Ke-7 (Indonesia)[Bhagavant,11/9/11, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN: