Amerika » Amerika Serikat » Amerika Utara » Seremonial

Pesan Vesak 2011 Perserikatan Bangsa-Bangsa

Rabu, 11 Mei 2011

Bhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB melalui Sekretaris Jenderal, Ban Ki-moon, minggu lalu (6/5) memberikan Pesan Vesak kepada seluruh umat Buddha di dunia.

Dalam pesannya, Sekretaris Jenderal PBB menyerukan solidaritas bersama masyarakat dan menyatakan bahwa penderitaan di seluruh dunia dapat dihindari jika menerapkan nilai-nilai universal Buddhisme. Selain itu ia juga berterima kasih atas tukungan organisasi-organisasi Buddhis yang mendukung kegiatan PBB. Berikut pesan Vesak 2555 B.E Sekretaris Jenderal PBB yang tertuang pada dokumen No. SG/SM/13546.

Berikut adalah pesan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk Hari Vesak:

Sang Buddha, yang lahir, mencapai pencerahan, dan mangkat yang kita peringati setiap tahun pada Hari Vesak, mewariskan kepada umat manusia ajaran yang besar yang dapat menuntun usaha kita untuk memecahkan permasalahan berat yang dihadapi dunia saat ini.

AnjuranNya dalam menentang tiga racun yaitu keserakahan, kebencian, dan kebodohan batin adalah relevan khususnya dengan upaya multilateral untuk mengatasi kelaparan yang dapat dihindari yang mempengaruhi hampir satu miliar orang di dunia, aksi kekerasan brutal yang mengambil jutaan kehidupan setiap tahunnya, dan kerusakan lingkungan yang tidak berperasaan yang disebabkan oleh manusia terhadap satu-satunya rumah kita, planet Bumi ini.

Tema pembangunan sosial-ekonomi tahun ini mungkin terdengar modern, tetapi inti dari padanya adalah penderitaan manusia yang sangat bermasalah yang telah Siddhartha Gautama cari untuk mengatasinya pada lebih dari 2500 tahun yang lalu saat Beliau meninggalkan istanaNya, melepaskan harta duniawinya, dan pergi menuju dunia.

Banyak organisasi-organisasi Buddhis menempatkan ajaran-ajaran ini ke dalam praktik. Saya sangat berterima kasih atas dukungan mereka kepada kegiatan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencapai Sasaran Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals), (yang merupakan – ed) cetak biru kami untuk memungkinkan semua orang menikmati kehidupan yang bermartabat dan berkesempatan.

Dalam Hari Vesak ini, marilah kita menggambar mengenai nilai-nilai universal Buddhisme untuk bertindak dalam solidaritas kepada mereka yang menderita, dengan demikian memberikan kontribusi bagi dunia yang lebih berwelas asih dan tercerahkan bagi semua.

Sbr: Secretary-General, in Message for Vesak Day[Bhagavant, 11/5/11, tr: Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: