Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

Asadha Puja 2554 B.E di Candi Borobudur

Sabtu, 24 Juli 2010

Asadha PujaBhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia – Puluhan umat Buddha di pimpin oleh Y.M. Jotidhammo Mahathera mengadakan Asadha Puja 2554 B.E di Candi Borobudur, Jumat (23/7).

Puja bakti yang diikuti oleh 60 orang umat Buddha yang terdiri dari 7 bhikkhu, 32 samanera dan 21 atthasilani ini diawali dengan melakukan prosesi padakkhina (bahasa Pali) atau pradaksina (bahasa Sanskerta) yang dimulai dari bagian bawah candi yaitu Kamadhatu kemudian menuju Rupadhatu.

Dalam prosesi padakkhina, Bhante Jotidhammo menjelaskan kepada para samanera dan atthasilani mengenai relief yang terdapat di dinding candi yang menceritakan kehidupan Sang Buddha.

“Penjelasan tersebut untuk mengingatkan dan memberitahu mereka karena mereka bukan hanya datang dari Jawa Tengah,” demikian kata Bhante Jotidhammo kepada Media Indonesia yang dikutip oleh Bhagavant.com. “Kami latihan bersama atthasilani dan samanera,” lanjut beliau.

Asadha Puja adalah puja bakti yang dilakukan oleh umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa bersejarah yaitu:

  1. Sang Buddha memberikan kotbah untuk pertama kalinya pada tahun 588 Sebelum Masehi, dua bulan setelah Beliau mencapai Pencerahan Agung, tepat di malam bulan purnama. Kotbah ini terkenal dengan nama Dhammacakkappavattana Sutta (Kotbah Pemutaran Roda Dhamma).
  2. Dhammacakkappavattana Sutta dibabarkan oleh Sang Buddha kepada 5 orang petapa yaitu, Kondanna, Bhaddiya, Vappa, Mahanama, dan Assaji. Kelima petapa ini kemudian ditahbiskan menjadi bhikkhu yang dikenal dengan nama Panca Vaggiya Bhikkhu. Sehingga terbentuklah Sangha Bhikkhu yang pertama.
  3. Dengan demikian terbentuklah secara lengkap Tiratana/Triratna ( Buddha, Dhamma, dan Sangha ).

Pada saat pelaksanaan Asadha Puja, lantai delapan hingga 10 Candi Borobudur tertutup untuk wisatawan. Para wisatawan hanya dapat menyaksikan puja bakti tersebut dari lantai tujuh.

Hari Asadha Puja pada tahun ini jatuh pada tanggal Senin 26 Juli 2010, yang kemudian pada hari esoknya, Selasa 27 Juli 2010 merupakan Awal Vassa 2554 B.E bagi para bhikkhu.[Sum]

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: