Asia Oseania » Asia Tenggara » Seni dan Budaya » Tradisi dan Budaya » Vietnam

Festival Buddhis 2554 di Hue, Vietnam

Jumat, 21 Mei 2010

Seni dan Kebudayaan BuddhisVNA,
Ha Noi, Vietnam – Sebuah Minggu Kebudayaan Buddhis diadakan sebagai bagian dari perayaan Milenium Ha Noi yang akan dibuka akhir tahun ini, dibuka di Hue pada Senin di hadapan para bhiksu, umat dan Duta Besar Jepang Mitsuo Sakaba.

Upacara pembukaan menampilkan presentasi dari Prof. Phan Huy Le mengenai pengaruh Buddhis dalam Istana Kerajaan Thang Long yang ditemukan dalam penggalian di Ha Noi beberapa tahun lalu, dan menampilkan sebuah film Jepang, Kwaidan, oleh Masaki Kobayashi yang memenangkan Penghargaan Jury di festival Film Cannes tahun 1956.

Sebuah festival makanan vegetarian juga dibuka pada waktu yang sama di jalan khusus pejalan kaki Nguyen Dinh Chieu di pinggir Sungai Huong (parfum). Masakan vegetarian Hue disediakan secara gratis untuk umum.

Sebuah pameran 108 peninggalan yang ditemukan di Thang Long (sebutan untuk Ha Noi pada masa lalu), diadakan di Pusat Kebudayaan Lieu Quan di Jalan Le Loi. Peninggalan tersebut merupakan sebuah koleksi milik pribadi Tran Dinh Son dan berasal dari berbagai periode dari para penguasa China sampai berdirinya dinasti Ly, Tran, dan Le. Pusat kebudayan tersebut juga menyelenggarakan presentasi lainnya, pameran, konser, dan diskusi sampai pada hari Sabtu, termasuk dikusi kebudayaan Buddhis dalam bisnis oleh pengusaha wanita Ta Thi Ngoc Thao, Buddhisme Vietnam dengan identitas kebudayaan Vietnam oleh peneliti Le Quang Vinh, Zen di masa Dinasti Tran dan Zen Vietnam oleh Prof. Cao Huy Thuan.

Film Yojiro Tokita’s Departure dengan sutradara Jepang, Yojiro Tokita, yang memenangkan Penghargaan Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada tahun 2009 juga ditayangkan.

Acara ini diselenggarakan oleh Sangha Hue yang menandakan dimulainya perayaan ulang tahun Buddha ke-2554 pada hari Jumat.

“Minggu Kebudayaan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai yang Buddhisme berikan kepada negara dan yang telah teruji dalam perjalanannya selama lebih dari 2000 tahun,” demikian kata Y.M. Thich Hai Aán, anggota Komite Eksekutif Sangha Pusat, saat upacara pembukaan.[Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: