Asia Oseania » Asia Tenggara » Seni dan Budaya » Tradisi dan Budaya » Vietnam

Pusat Kebudayaan Buddhis Vietnam Diresmikan

Seni dan Kebudayaan BuddhisBhagavant.com,
Binh Duong, Vietnam – Dengan dihadiri oleh ratusan umat Buddha dan komunitas Sangha dari propinsi Binh Duong, Vietnam Selatan, sebuah Pusat Kebudayaan Buddhis dan juga sebuah rupang Buddha Sakyamuni Parinirvana diresmikan pada Selasa (30/3).

Membuka upacara peresmian, Y.M. Thich Hue Thong, Wakil Ketua Dewan Asosiasi Buddhis propinsi Binh Duong mengatakan bahwa bangunan Pusat Kebudayaan tersebut berada di kompleks Pagoda Hoi Khanh seluas 3.200 meter persegi dari total area 13.000 meter persegi. Di atas bangunan terdapat rupang Buddha Sakyamuni Parinirvana yang memiliki panjang 52 meter dan tinggi 24 meter.

Bangunan tersebut memiliki 4 buah ruangan yang memiliki fungsi beragam. Aula A untuk tempat belajar para bhiksu, ruang konferensi, ruang rapat dengan kapasitas 500 orang tamu, Aula B (400 m2) sebagai tempat kegiatan pertemuan, penerimaan Badan Eksekutif Asosiasi Buddhis Propinsi dengan kapasitas lebih dari 200 orang, Aula C untuk perpustakaan dan kantor dewan pengelola Pusat Kebudayaan Buddhis. Aula sisanya digunakan sebagai tempat studi para bhiksu.

Pusat Kebudayaan Buddhis yang berlokasi di desa Thu Dau Mot tersebut didirikan dengan menghabiskan biaya 20 milyar Dolar Vietnam. Dan rupang Buddha Sakyamuni Parinirvana masuk dalam Buku Rekor Vietnam sebagai rupang terpanjang di negara terebut.

Pagoda Hoi Khanh sendiri dibangun pada tahun 1741. Pada tahun 1860 pagoda tersebut dihancurkan lebur oleh kolonial Perancis, dan bagunan pagoda baru dibangun kembali pada tahun 1868 di dekat tempat pagoda yang lama. Dan mengalami perbaikan pada tahun 1990-1992.[Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN