Asia Tenggara » Indonesia

Pindapatta Pertama Di Kota Kisaran

Rabu, 20 Agustus 2008

Buddhisme di IndonesiaBhagavant.com,
Kisaran, Sumatra Utara, Indonesia – Selama masa Vassa para bhikkhu antara 18 Juli sampai 14 Oktober 2008, Pengurus Daerah Majelis Agama Buddha Theravada (PD Magabudhi) Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan Pengurus Cetiya Mahasampatti (Jl. Pajang No. 7 – 9, Medan) serta Pengurus Cetiya Dhammacakka (Jl. Panglima Polem, Kisaran) mengadakan kegiatan pindapatta di kota Kisaran. Kegiatan pindapata yang untuk pertama kalinya diadakan di kota Kisaran ini dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Khemanando.

Pada tanggal 17 Agustus 2008 sore hari, Y.M. Bhikkhu Khemanando beserta rombongan PD Magabudhi Sumatera Utara tiba di kota Kisaran dan disambut oleh Pengurus Cetiya Dhammacakka Kisaran yang juga anggota Magabudhi. Kemudian rombongan menuju ke Rumah Jompo Sinar Kasih Abadi sebagai tempat untuk beristirahat.

Setelah melaksanakan puja bakti yang dipimpin oleh Pandita Madya (Pmy) Rudi Hardjon Dhammaraja S.H., S.Ag, ceramah Dhamma oleh Y.M. Bhikkhu Khemanando, dan pelimpahan jasa kepada para pahlawan dalam rangka Dirgahayu RI Ke-63 pada malam hari sebelumnya, tepat pukul 07.00 WIB keesokan harinya (18/8) Y.M. Bhikkhu Khemanando melakukan pindapatta dengan melalui rute yaitu : di mulai dari Cetiya Dhammacakka di jalan Panglima Polem, kemudian menuju jalan Dr. Sutomo, jalan Imam Bonjol, jalan Diponegoro dan diakhiri dengan jalan Panglima Polem dan menuju ke Cetiya Dhammacakka. Pindapatta yang baru pertama kalinya diselenggarakan di kota Kisaran ini, diikuti secara antusias oleh masyarakat. Mereka memberikan berbagai dana makanan baik dalam bentuk makanan kering maupun basah kepada bhikkhu.

Setelah kegiatan pindapatta selesai, dilanjutkan oleh pembentukkan dan pengukuhan Pengurus Cabang Majelis Agama Buddha Kabupaten Asahan. Dengan demikian maka di kabupaten Asahan telah ada Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) yang juga merupakan yang pertama di tingkat II kabupaten / Kota di Provinsi Sumut. Dan susunan Pengurus Cabang Magabudhi Kabupaten Asaham sebagai berikut: Ketua : Pandita Muda (PMd) Eddy Dhammadipa dan wakil ketua : Upasaka Joseph Randy Mittasanto, sekretaris : Upasaka Rasno Ratano, bendahara : Upasaka Ramli Kumalavirya, humas : Upasaka Yatiman Yatano. (sumber: cetiyamahasampatti.wordpress.com)

Kata kunci: , , ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: