India » Seni dan Budaya » Travel

India Gelar Konklaf Buddhis 2014 Tentang Turisme

Kamis, 25 September 2014

Bhagavant.com,
New Delhi, India – Dalam rangka untuk menampilkan dan menonjolkan situs-situs warisan dan ziarah situs Buddhis dari India, Departemen Pariwisata menyelenggarakan Konklaf Buddhis Internasional di Bodh Gaya dan Sarnath, bekerjasama dengan pemerintah negara bagian Bihar dan Uttar Pradesh (UP) dari 26 sampai 28 September 2014, dengan mengundang 138 delegasi dari 32 negara dan 130 delegasi dari India.

Vihara Veluvana (Skt: Venuvana) di Rajgir (Rajagaha), Bihar India. Diyakini sebagai tempat yang penah dikungjungi oleh Buddha Gotama. Foto: wikipedia.org
Vihara Veluvana (Skt: Venuvana) di Rajgir (Rajagaha), Bihar India. Diyakini sebagai tempat yang penah dikungjungi oleh Buddha Gotama. Foto: wikipedia.org

Dalam pengarahannya kepada media seperti yang dilansir The Times of India pada Selasa (23/9/2014), Dr Jawaid Iqbal Ansari, menteri pariwisata Bihar, mengatakan bahwa sebuah diskusi panel bertema “Buddhist Pilgrimage: Connecting People, Connecting Nations” – Ziarah Buddhis: Penghubung Masyarakat, Penghubung Bangsa-Bangsa” juga akan diselenggarakan pada hari kedua.

Peresmian diskusi tersebut akan digelar di Kagyupa International Monlam Trust dekat Vihara Terger. Menteri Uni Federal Pariwisata dan Kebudayaan India, Sripad Naik, Ketua Menteri Bihar – Jitan Ram Manjhi dan Menteri Pendidikan Teknis Uttar Pradesh – Srikant Ojha, akan menyambut para delegasi.

Para delegasi luar negeri yang hadir antara lain dari Australia, Belgia, Bhutan, Kamboja, Kanada, Tiongkok, Perancis, Belanda, Hongaria, Indonesia, Italia, Jepang, Laos, Malaysia, Birma (Myanmar), Selandia Baru, Filipina, Republik Korea, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat dan Vietnam.

Untuk mempromosikan jalur Buddhis dan melakukan branding padanya ke seluruh dunia, serangkaian acara seperti diskusi panel, pameran dan presentasi PowerPoint akan diselenggarakan, terutama untuk delegasi asing tersebut.

Pengaturan khusus telah dilakukan untuk memperlihatkan situs-situs Buddhis di dalam dan di sekitar Bodh Gaya. Delegasi akan harus bertatap muka baik dengan spiritualisme serta promosi bisnis, kata Ansari. Mereka akan dibawa ke reruntuhan kuno Mahavihara Nalanda, Stupa Perdamaian Dunia, Venuvana (Pali: Veluvana – Hutan Bambu) dan pusat konvensi internasional di Rajgir. Sebuah grup terkenal, yang dipimpin oleh Anamika Singh, akan mempersembahkan tarian dengan tema agama Buddha.

India kaya dengan Warisan Buddhis dengan beberapa situs penting di sini yang terkait dengan kehidupan Sri Buddha. Terdapat banyak pengikut Agama Buddha di negara-negara seperti Tiongkok, Thailand, Kamboja, Jepang dan Agama Buddha juga menjadi cukup populer di Amerika, Australia dan Inggris.[Bhagavant, 25/9/14, Sum]

Penulis: