Asia Tenggara » Buddhisme dan Kesehatan » Penyembuhan dan Spiritualitas » Vietnam

Tokoh Buddhis Bergabung Menentang HIV/AIDS

Rabu, 29 Oktober 2008

Stop HIV/AIDSVietnam News,
Ho Chi Minh, Vietnam – Lebih dari 100 tokoh umat Buddha dari 40 propinsi dan kota seluruh Vietnam berkumpul di Kota Ho Chi Minh (HCM) hari Jumat lalu (17/10) untuk menghadiri konferensi Buddhist Leadership Initiative yang diselenggarakan oleh Viet Nam Fatherland Front.

The Buddhist Leadership Initiative merupakan sebuah program kerjasama antara United Nations’ Children’s Fund (UNICEF) dengan lima pemerintah Asia untuk mempromosikan peranan para pemimpin agama dalam tanggapan komunitas mereka terhadap pencegahan HIV.

Kebijakan ini telah diterapkan di 10 vihara di seluruh Vietnam sejak 2002. Kebijakan ini juga termasuk dalam program aksi Sangha Vietnam dan mendapatkan sambutan yang hangat dari para tokoh Buddhis, viharawan, dan para umat di seluruh Vietnam. Sepuluh vihara di Ha Noi, Kota HCM, Kota Da Nang, Thua Thien-Hue dan propinsi Tra Vinh telah menjadi tempat perlindungan bagi mereka yang terinfeksi dan tertular oleh HIV/AIDS, terutama para yatim-piatu.

Yang Mulia Thien Chieu dari vihara Ky Quang mengatakan bahwa salah satu pencapaian yang paling penting dalam program ini adalah penyebaran informasi mengenai pencegahan HIV/AIDS kepada umat Buddha.

Program ini menarik dukungan dari populasi yang lebih berpendidikan dan membantu mengurangi diskriminasi melalui pendidikan.

Para rohaniwan Buddhis telah merekomendasikan ukuran pencegahan bagi HIV dalam perbincangan Dharma mereka dengan orang-orang yang positif HIV dan dengan keluarga mereka.

Para rohaniwan juga membantu mereka yang terinfeksi HIV untuk mencari pekerjaan, mendapatkan perawatan medis dan menyediakan pendidikan bagi sejumlah anak-anak yang tidak mampu.

Melalui program ini, vihara-vihara telah menyediakan pelayanan konsultasi kepada ribuan orang, mendirikan 40 kursus-kursus pelatihan bagi rohaniwan Buddhis dan umat, menyediakan bantuan bagi lebih dari 1000 yatim-piatu, memberikan perawatan medis kepada hampir 10.000 orang pecandu dan memberikan pelayanan untuk membantu mantan pecandu untuk kembali kepada masyarakat.

Para tokoh di konferensi mendiskusikan ukuran kongkrit untuk mempromosikan peran serta Buddhis dalam pencegahan HIV/AIDS.

Mereka juga menyarankan penyebarluasan program ini kepada daerah lain dan meningkatkan komunikasi dalam rangka meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat.

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: