Asia Tenggara » Gerakan Buddhis » Indonesia » Sosial

Umat Buddha Indonesia Bantu Korban Gempa Pidie Jaya, Aceh

Jumat, 9 Desember 2016

Bhagavant.com,
Aceh, Indonesia – Umat Buddha Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada para korban yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh yang terjadi pada Rabu (7/12/2016).

Sejak Kamis (8/12/2016), menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR yang terjadi pada pukul 5.03 WIB tersebut, telah menewaskan setidaknya 100 orang, 135 luka berat, 589 luka ringan, dan 11.142 orang mengungsi, serta merusak ataupun merobohkan 63 masjid, 4 sekolah, 1 rumah sakit, 234 ruko, dan 429 rumah.

Di bawah naungan sejumlah organisasi Buddhis seperti Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, umat Buddha Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban dengan menyalurkan dana dan terjun langsung ke lokasi terdampak bencana.

Relawan Tzu Chi di Lhokseumawe, Aceh, telah tiba di daerah terdampak bencana pada Rabu (7/12/2016) untuk melakukan survei kondisi bencana dan mengumpulkan data awal untuk penyaluran bantuan. Demikian seperti yang dirilis situs resmi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Kamis (8/12/2016).

Sebanyak 36 orang relawan dan Tim Medis Tzu Chi cabang Medan pada Jumat (9/12/2016) tiba ke Aceh Bireun, Aceh pada jam 5 dinihari dengan membawa barang bantuan berupa beras (700 kg), mi instan (1.000 dus), air mineral (310 dus), selimut (5.000 buah), sarung (3.000 buah), biskuit (100 dus), dan susu. Selain itu juga ada bantuan berupa 10 kursi roda, 600 pak pembalut wanita, 120 pak diapers untuk manula, dan 27 pasang tongkat.

Tim Medis Tzu Chi yang terdiri dari dokter orthopedi dan dokter anestesi bertugas membantu tindakan operasi di rumah sakit. Sementara tim medis lainnya melakukan bakti sosial kesehatan keliling ke lokasi bencana untuk membantu korban luka.

Dalam siaran persnya, pada Rabu (7/12/2016), Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma, merasa prihatin dengan musibah gempa di daerah “Serambi Mekkah” tersebut dan teringat peristiwa gempa dan tsunami pada tahun 2004 yang lalu.

“Bencana ini telah menewaskan puluhan orang, sementara yang selamat harus menghadapi penderitaan akibat kehilangan rumah atau pun keluarga,” katanya.

Sementara itu umat Buddha yang tergabung dalam Mitra Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) yang merupakan bagian dari Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) telah berkoordinasi para Pengurus MBI Aceh dan segera mengirimkan barang bantuan di antaranya seperti mie instan, baterai, dan obat anti serangga.

Baik Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan KBI membuka rekening bank untuk memberikan kesempatan kepada umat Buddha menyalurkan bantuan berupa donasi uang. Informasi selengkapnya dapat mengakses di sini untuk info Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan di sini untuk info KBI.

Umat yang hendak menyalurkan dananya kepada kedua organisasi tersebut diharapkan untuk mengecek kembali info dan mengonfirmasi langsung kepada organisasi terkait.[Bhagavant, 9/12/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: