Amerika » Amerika Serikat » Seremonial

Ucapan Selamat Vesak 2016 dari Presiden Barack Obama

Sabtu, 7 Mei 2016

Bhagavant.com,
Washington, Amerika Serikat – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan Selamat Vesak 2016 dalam pernyataan resminya yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada Minggu (29/4/2016).

Ucapan Selamat Vesak dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
Ucapan Selamat Vesak dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sbr: Lion’s Roar

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Komite Ad-Hoc Vesak Nasional Gedung Putih 2016 (White House Vesak 2016 National Ad-Hoc Buddhist Committee), William Aiken, Presiden Barack Obama mengeluarkan pernyataan resmi ucapan Selamat Vesak tersebut.

“Sejauh yang saya tahu, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah AS ketika Presiden mengeluarkan pesan penghormatan terhadap hari besar ini,” kata Aiken seperti yang dilansir Lion’s Roar, Senin (2/5/2016) .

Berikut pesan dan ucapan Selamat Vesak dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama tersebut:

Saya mengirim salam kepada semua orang yang memperingati Vesak. Vesak adalah satu hari yang spesial bagi jutaan Buddhis untuk menghormati kelahiran, pencerahan, dan mangkatnya Buddha. Di vihara-vihara di seluruh dunia, Buddhis menggunakan waktu ini untuk terlibat dalam puja dan merenungkan nilai-nilai kebajikan dari kebijaksanaan, keteguhan batin, dan kasih sayang. Dengan mengambil bagian dalam tindakan-tindakan yang penuh kesederhanaan ini, pria, wanita dan anak-anak yang menjunjung tinggi tradisi Buddhisme berkontribusi pada keberagaman budaya dan agama yang mendefinisikan nilai-nilai kemanusiaan kita.

Bagi Anda semua yang memperingatinya, saya berharap yang terbaik untuk Anda semua.

(Tanda Tangan Barack Obama)

Selain Presiden Barack Obama, Gubernur California Edmund Gerald Brown Jr. (Jerry Brown) juga mengirimkan ucapan Selamat Vesak. Berikut pesan dan ucapan Selamat Vesak 2016 dari Gubernur California Jerry Brown seperti yang dilansir situs Light of Buddhadharma Foundation International.

Ucapan selamat Vesak dari Gubernur California Edmund G. Brown Jr. Sbr:
Ucapan Selamat Vesak dari Gubernur California Edmund G. Brown Jr. Sbr: lbdfi.org

Negara bagian California adalah salah satu rumah paling awal bagi Buddhis Amerika, dan Buddhisme merupakan salah satu dari tradisi keagamaan besar dunia, menyentuh kehidupan banyak orang dengan praktik kasih sayang, kebijaksanaan, dan kesadaran.

Buddhis Amerika memainkan peran penting dalam sejarah negara ini, dari imigran awal Tiongkok dan Jepang abad ke-19 yang membantu membangun rel kereta api, membela negara kita, dan menggarap tanah. Di seluruh negara bagian California, masyarakat Buddhis berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dalam berbagai cara, memberikan kenyamanan, kasih sayang, dorongan, dan kebijaksanaan bagi mereka yang menghadapi tantangan hidup.

Vesak adalah hari suci yang memperingati kelahiran, pencerahan, dan mangkatnya Sri Buddha, Siddhartha Gautama, dan merayakan budidaya kebijaksanaan dan belas kasih dalam kehidupan kita. Vesak dirayakan dengan berbagai cara di seluruh beragam komunitas Buddhis di negara kita. Saya salut dengan kontribusi warga Buddhis negara bagian ini pada Hari Vesak.

Dengan hormat

Edmund G. Brown Jr.

Rencananya, perwakilan Buddhis Amerika Serikat akan menyelenggarakan perayaan Vesak Nasional di Gedung Putih, yang tahun ini diselenggarakan untuk kedua kalinya.[Bhagavant, 7/5/16, Sum]

Kata kunci: ,