Sekitar 50 Ribu Orang Hadiri Festival Lentera Lotus 2024 di Seoul

Bhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Sekitar 50 ribu orang menghadiri Festival Lentera Lotus (Yeon Deung Hoe) berlangsung meriah di Seoul, Korea Selatan pada Sabtu (11/5/2024).

Sekitar 50 Ribu Orang Hadiri Festival Lentera Lotus 2024 di Seoul
Parade Festival Lentera Lotus 2024 di Seoul. Foto: tangkapan layar YouTube

Sambil memegang payung dan bunga lotus kertas merah muda, ribuan warga Korea Selatan dengan gembira memenuhi jalan-jalan basah di Seoul dalam festival tahunan untuk menyambut Hari Vesak 2568 EB/2024 pada Rabu, 15 Mei 2024.

Meski diguyur hujan, panitia memperkirakan ada sekitar 50.000 orang yang hadir pada Yeon Deung Hoe, atau Festival Lentera Teratai, yang parade Sabtu malamnya menarik banyak orang untuk melihat kendaraan hias, pembawaan lentera di tangan dan ada yang menggunakan roda di sepanjang jalan ibu kota, Seoul.

Lentera lotus berbentuk bayi Bodhisattva Siddhartha. Foto: tangkapan layar YouTube

Festival Buddhis yang dimulai lebih dari 1.000 tahun yang lalu dan terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan UNESCO pada tahun 2020 – bertujuan untuk menyebarkan cahaya ke seluruh dunia.

Ribuan orang berkumpul pada hari Sabtu di Universitas Dongguk Seoul, sebagai titik awal parade, menuju ke Vihara Jogye di mana ribuan lentera warna-warni digantung di halaman vihara, yang jika dilihat udara membentuk kalimat yang bisa bearti: “Damai seperti apa adanya.”

Tidak ketinggalan karakter kartun, Charlie Brown, Snoopy dan Lucy. Foto: tangkapan layar YouTube

Dengan mengenakan jas hujan, para partisipan festival berjalan menyusuri jalan dengan lentera teratai berwarna warni yang menyala. Yang lain membawa kendaraan hias besar bertema Buddhis, termasuk bayi Bodhisattva dan Empat Raja Dewa. Beberapa kendaraan hias menampilkan harimau, gajah, dan naga besar. Ada juga karakter kartun, antara lain Charlie Brown, Snoopy dan Lucy.

Hari Vesak di Korea Selatan, yang dirayakan pada hari Rabu, adalah hari libur nasional di Korea Selatan. Pada hari itu, banyak vihara yang menyediakan makanan dan teh gratis kepada pengunjung. Perayaan di halaman vihara dan taman meliputi permainan tradisional dan berbagai pertunjukan seni.[Bhagavant, 12/5/24, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Korea Selatan,Seni dan Budaya,Tradisi dan Budaya
Kata kunci: , , ,
Penulis: