Asia Oseania » Asia Timur » Seni dan Budaya » Tiongkok

Pertunjukkan Vihara Shaolin Menarik Turis

Minggu, 22 Juli 2007

Seni dan budaya BuddhisCCTV.com,
Henan, China – Vihara Shaolin yang berada di puncak Gunung Songshan di tengah Propinsi Henan, China, telah lama diselimuti kabut. Vihara yang ini terkenal akan Kung-Fu Shaolin-nya oleh banyak orang sebagai lambang dari seni bela diri China. Sejak tahun lalu, pertunjukkan udara terbuka yang menampilkan Buddhisme dan Kung Fu telah memberikan para turis sebuah pemandangan segar terhadap vihara kuno tersebut.

Pertunjukkan yang disebut ”Zen dan Shaolin”, dipergelarkan setiap malam di sebuah lembah sekitar tujuh kilometer dari vihara. Enam ratus bhiksu dari vihara tersebut mempertunjukkan gerakan-gerakan Kung Fu Shaolin yang luar biasa dan mengucar sutra-sutra.

Ini adalah pertama kalinya pertunjukkan di udara terbuka di Propinsi Henan, dan ini telah mendorong meningkatkan turis lokal.

Yang Shengdao, general direktur dari Biro Turisme Henan, mengatakan,”Kombinasi dari Zen Buddhisme dan seni bela diri adalah sesuatu yang menarik bagi para penonton. Pertunjukkan tersebut merupakan cara yang luar biasa untuk mempromosikan turisme di Henan – khususnya Vihara Shaolin.”

Dengan investasi lebih dari seratus juta yuan, atau sekitar 120 miliar rupiah, merupakan pertunjukkan pertama kali yang diadakan oleh perusahaan pribadi di propinsi tersebut.

Wu Fumin, walikota dari kota Dengfeng, Propinsi Henan, mengatakan, ”pemerintah memberikan ijin dan menyediakan lokasi, dan hal yang lainnya diserahkan pada perusahaan yang terkait.”

Sejak pertunjukkan perdananya bulan Oktober lalu, lebih dari 150 ribu penonton telah menyaksikan pertunjukkan spektakuer tersebut, dan pendapatan dari penjualan karcis telah mencapai 1.5 juta yuan.

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: