India

Dalai Lama Diundang ke Konferensi Buddhis Internasional “Dhamma Diksha”

Bhagavant.com,
New Delhi, India – Y.M. Dalai Lama Ke-14 diundang ke sebuah konferensi Buddhis internasional yang diselenggarakan dipertengahan Desember 2023.

Foto: ndtv.com

Aktivis Dalit terkemuka sekaligus Menteri Keadilan dan Pemberdayaan Sosial India, Ramdas Athawale minggu ini mengundang Y.M. Dalai Lama ke “Dhamma Diksha,” sebuah konferensi internasional tentang Agama Buddha yang akan diadakan di Mumbai, India.

Konferensi yang berlangsung selama dua hari tersebut, akan diadakan di stadion olahraga di Worli pada 15 Desember dan Arena Balap Mahalaxmi pada 16 Desember.

Konferensi “Dhamma Diksha” ini memperingati kehidupan dan karya Dr. B. R. Ambedkar, sarjana hukum dan aktivis Dalit yang masuk memeluk Agama Buddha di Nagpur pada tanggal 14 Oktober 1956. Dr. Ambedkar berencana menyelenggarakan Dhamma Diksha—sebuah upacara inisiasi besar-besaran bagi umat Buddha —akan dilaksanakan pada akhir tahun itu, namun beliau wafat pada tanggal 6 Desember, sebelum dapat dilaksanakan.

Menteri Ramdas Athawale yang juga seorang pemimpin kaum Dalit terkemuka dari Maharashtra, telah mengimbau agar umat Buddha dan pengikut Ambedkar menghadiri acara tersebut dalam jumlah besar.

Selain Dalai Lama, seperti yang dilansir NDTV, Perdana Menteri Sri Lanka Dinesh Gunawardena, Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, Putri Bhutan Kesang Wangmo Wangchuk dan para pemimpin Buddhis dari Kamboja, Vietnam, Thailand dan negara-negara lain juga akan menghadiri acara tersebut.[Bhagavant, 9/12/23, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: India
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: