Korea Selatan

Buddhis Korea Selatan Mulai Adakan Festival Sambut Vesak 2565

Bhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Umat Buddhis Korea Selatan pada Rabu (28/4/2021) memulai rangkaian festival untuk menyambut Vesak 2565 EB dengan pembatasan protokol COVID-19.

Festival Sambut Vesak 2565
Sambut Vesak 2565 EB, serimonial lentera pagoda (stupa) di Seoul Plaza di depan Balai Kota Seoul pada Rabu (28/4/2021). Foto: YouTube

Rangkaian festival untuk menyambut Hari Vesak di Korea Selatan yang semestinya diadakan secara lengkap dengan Festival Yeon Deung Hoe (연등회) atau Festival Lentera Lotus, tahun ini juga dilakukan secara terbatas.

Salah satu rangkaian kegiatan Festival Yeon Deung Hoe yaitu parade Lentera Lotus di jalan kota Seoul di tiadakan karena pandemi. Meskipun demikian rangkaian festival lainnya untuk menyambut Hari Vesak ini tetap diadakan.

Rangkaian festival resmi dibuka dengan diawali penyalaan lentera pagoda (stupa) di Seoul Plaza di depan Balai Kota Seoul pada Rabu (28/4/2021) pukul 19.00 waktu Korea Selatan. Lentera pagoda itu sendiri merupakan replika pagoda Vihara Mireuk di Iksan yang merupakan Harta Nasional Korea Selatan No.11.

Tahun ini festival tersebut mengusung slogan: “Cahaya Lentera Harapan dan Penyembuhan”. Slogan ini dipilih untuk menyampaikan pesan harapan dan penyembuhan dengan menyalakan lentera welas asih Buddha untuk masyarakat yang sulit akibat pandemi COVID-19.

Seremoni tersebut dilakukan secara terbatas tanpa kerumunan besar dan hanya dihadiri oleh perwakilan sangha dari masing-masing tradisi Buddhis di Korea Selatan. Seremoni yang disiarkan secara Live Streaming melalui YouTube memberikan kesempatan masyarakat untuk melihat dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pada serimonal penyalaan lentera tersebut hadir Ketua Sangha Jogye Y.M. Wonhaeng, dan Walikota Seoul Oh Se-hoon.

Meskipun sejumlah rangkaian festival ditiadakan, beberapa rangkaian festival lainnya tetap diselenggarakan dengan modifikasi kegiatan di dalamnya. Rangkaian festival lainnya di antaranya:

– Pameran lentera tradisional
Pameran lentera yang terbuat dari hanji, kertas tradisional Korea, dengan variasi warna cahaya sebagai simbol penerangan pikiran dengan kebijaksanaan dan menyebarkan kehangatan ke dunia. Pameran ini rencananya akan diadakan pada 14-30 Mei 2021 di Vihara Jogye, Vihara Bongeun, dan Area Cheonggye-cheon, Seoul.

– Serimonial Eoulim Madang
Kegiatan seremoni pembukaan festival dengan melakukan tradisi gwanbul yaitu mencurahkan air kepada rupaka bayi Bodhisattva Siddhartha. Kegiatan ini diselenggarakan pada 15 Mei 2021 pukul 18.00 waktu Sorea di Vihara Jogye, Seoul.

– Parade secara online
Parade lentera lotus yang biasanya diselenggarakan di jalan dengan mengundang massa, saat ini ditiadakan dan hanya bisa disaksikan secara online di YouTube Lotus Lantern Festival pada 15 Mei 2021 pukul 20.00 waktu Korea.

– Acara budaya tradisional
Festival jalanan ini penuh dengan aktivitas dan pertunjukan budaya tradisional Korea: menggambar desain tradisional, membuat lentera, dan mencoba masakan vihara. Tahun ini dilakukan secara online di YouTube Lotus Lantern Festival pada 16-19 Mei 2021.

– Pertunjukkan budaya
Pertunjukkan panggung yang penuh dengan tradisi dan semangat. Acara ini juga diadakan secara online di YouTube Lotus Lantern Festival pada 16-19 Mei 2021.

Berdasarkan penanggalan tradisi Buddhis Asia Timur yang diterapkan oleh Buddhis Korea Selatan, Hari Vesak 2565 EB di Korea Selatan jatuh pada hari ke-8 dari bulan ke-4 penanggalan Imlek yang tahun ini jatuh pada 19 Mei 2021.[Bhagavant, 1/5/21, Sum]


Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN