Eropa » Spanyol

Rupaka Buddha 40 Meter akan Berdiri di Cáceres, Spanyol

Rabu, 5 Februari 2020

Bhagavant.com,
Extremadura, Spanyol – Sebuah rupaka Buddha setinggi 40 meter rencananya akan berdiri di sebuah kompleks Buddhis di Cáceres, Spanyol.

Rupaka Buddha 40 Meter akan Berdiri di Cáceres
Ilustrasi rupaka Buddha

Didanai oleh sebuah yayasan swasta bernama Lumbini Garden Foundation dari negara Nepal yang dikenal sebagai tempat kelahiran calon Buddha sejarah, pendirian kompleks Buddhis dan rupaka Buddha tersebut dimaksudkan sebagai monumen perdamaian dunia.

Kompleks tersebut akan mencakup taman, vihara, dan stupa, bersama dengan perpustakaan, relikui Buddha, dan akomodasi untuk para bhiksu berjumlah hingga 20 orang. Dan inti dari kompleks Buddhis yang baru tersebut adalah rupaka Buddha setinggi 40 meter dalam posisi duduk.

Sebelumnya pada bulan Januari di Lumbini, walikota Cáceres dan Lumbini, kedua kota yang merupakan rumah bagi sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO, menandatangani nota kesepahaman yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Manmohan Chaudhary, walikota Lumbini Sanskritik mengatakan dalam wawancara melalui surel seperti yang dilansir TTG Asia, Senin (3/2/2020) mengatakan bahwa tujuan proyek itu adalah “untuk menyiarkan filosofi perdamaian, yang merupakan pesan Sri Buddha, ke seluruh dunia.”

Proyek yang diumumkan di ibukota Spanyol Madrid pada 22 Januari 2020 itu, selama hari pertama Pameran Perdagangan Internasional Pariwisata FITUR Madrid 2020, dipamerkan untuk memberikan dorongan pariwisata bagi Cáceres, terutama di antara pengunjung Asia.

Luis Salaya Julián, walikota Cáceres, mengatakan bahwa kompleks Buddhis yang direncanakan pekerjaannya akan dimulai akhir tahun ini, akan memberikan kesempatan bagi lebih banyak pelancong Asia untuk berkenalan dengan Spanyol dan dengan Cáceres.

“Ini adalah sebuah lompatan bisnis internasional yang penting untuk kawasan ini, menjalin hubungan langsung dengan pasar Asia, yang sangat relevan saat ini,” katanya.

Cáceres akan menyediakan situs untuk kompleks Buddhis tersebut seluas sekitar 20-30 hektar, sementara Lumbini Garden Foundation diharapkan membiayai biaya konstruksi, yang diperkirakan mencapai 27,5 juta dolar AS, dengan dana yang dilaporkan diterima dari berbagai negara dan donor pribadi.

Lumbini Garden Foundation didirikan di Madrid pada Mei 2019, dengan partisipasi pemerintah kota Lumbini. Misi yang dinyatakannya adalah untuk mempromosikan prinsip-prinsip Buddhis tentang perdamaian, persaudaraan, dan integrasi; untuk mengoordinasikan penciptaan sentra Buddhis di Spanyol; dan untuk memfasilitasi kerja sama dan program pengembangan di bidang budaya, sosial, seni, pendidikan, pariwisata, dan bisnis yang melengkapi kegiatan kompleks Buddhis.[Bhagavant, 5/3/20, Sum]

Kata kunci:
Penulis: