Inggris Raya » Tokoh

Seorang Bhiksu Tibet Mendapatkan Medali Kerajaan Inggris

Rabu, 19 Juni 2019

Bhagavant.com,
London, Inggris Raya – Seorang biksu asal Tibet telah dianugerahi ‘Medali Kerajaan Inggris’ (BEM) yang prestisius untuk pelayanannya pada Agama Buddha di Inggris.

Y.M. Geshe Tashi Tsering. Foto: Youtube

Kehormatan yang dianugerahkan kepada bhiksu asal Tibet dan mantan Kepala Universitas Keviharaan Sera Mey ke-91, Y.M. Geshe Tashi Tsering (Geshe-la), diumumkan pada 7 Juni 2019 oleh pihak berwenang.

Seperti yang dilansir Phayul, Kamis (13/6/2019), situs web resmi Y.M. Geshe Tashi Tsering menyatakan, “Kami senang dan sangat bangga mengumumkan bahwa Geshe Tashi telah dianugerahi Medali Kerajaan Inggris dalam daftar Penghargaan Ulang Tahun Ratu, untuk pelayanan untuk Agama Buddha di Inggris.”

Surat kabar The Gazette, dikenal sebagai Catatan Publik Resmi pemerintah Inggris, menerbitkan pemberitahuan publik tertanggal 8 Juni, yang menyatakan:

“Ratu telah dengan senang hati, pada kesempatan perayaan ulang tahun Yang Mulia, untuk menyetujui pemberian Medali Kerajaan Inggris (Divisi Sipil) kepada yang disebutkan di bawah ini: B.E.M. Geshe Tashi Tsering untuk pelayanan Agama Buddha di Inggris.”

British Empire Medal (B.E.M) Divisi Sipil. wikipedoa.org

“Medali tersebut dibuat pada tahun 1917 sebagai cara untuk mengakui kontribusi yang dibuat oleh masyarakat di komunitas mereka. Geshe-la sekarang berhak menggunakan inisial BEM setelah namanya.”

Y.M. Geshe Tashi Tsering (Geshe-la) adalah salah satu pelopor dalam mengajar Agama Buddha di Barat dan khususnya di Eropa. Ia adalah penulis kursus kampus ‘The Foundation of Buddhist Thought‘ dan kursus online ‘The Foundation of Buddhist Thought‘. Ia juga penulis seri enam volume dengan nama yang sama, diterbitkan oleh Wisdom Publications dan juga telah menciptakan kampus Lam Rim Chenmo dan kursus online.

Nama ‘Geshe’ sendiri merupakan gelar Buddhis dari pencapaian skolastik atau gelar Ph.D tertinggi di akademisi barat. Y.M. Geshe Tashi Tsering (Geshe-la) sering terancukan oleh Kusho Lama Geshe Tashi Tsering dari Institut Chenrezig di Selandia Baru.

Y.M. Geshe Tashi Tsering juga mendapatkan gelar MA dalam Antropologi Sosial di Sekolah Studi Oriental dan Afrika di Universitas London pada 2017, dengan perhatian dan gerakan sosial sebagai topik disertasinya.

Ia dilahirkan di Purang, Tibet Barat pada tahun 1958 dan pada usia muda bersama keluarganya melarikan diri saat pendudukan Tibet dan menetap di kamp-kamp pengungsi Tibet di India Selatan.

Awalnya ia menerima pendidikan di sekolah-sekolah yang dikelola oleh Pemerintah Tibet di pengasingan. Y.M. Geshe Tashi menerima gelar Geshe Lharampa, penghargaan tertinggi dalam hierarki skolastik Agama Buddha Tibet pada tahun 1990. Y.M. Geshe Tashi telah mengajar di dunia Barat sejak 1991 di Eropa, Amerika Utara dan Asia.[Bhagavant, 19/6/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: