Gerakan Buddhis » Sosial

Peduli Sesama Buddhis dengan Sokong Desa Binaan Memproduksi Kopi

Sabtu, 15 Juni 2019

Bhagavant.com,
Jawa Barat, Indonesia – Ada berbagai cara untuk peduli dan membantu sesama Buddhis. Salah satunya dengan menyokong kesejahteraan hidup komunitas Buddhis di pedesaan.

Ilustrasi. Tanaman kopi merupakan salah satu hasil tani di kawasan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Foto: Youtube

Dan salah satu cara menyokong kesejahteraan hidup warga desa adalah dengan melakukan pembinaan yang berhubungan dengan mata pencarian mereka.

Untuk itu, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia (KMBUI), Depok, melaksanakan sebuah program kegiatan yang disebut dengan Desa Binaan (Desbin) KMBUI 2019. Dan salah satu fokus dari program kegiatan tersebut adalah pembudidayaan tanaman kopi di salah satu dusun di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Masyarakat Temanggung merupakan masyarakat agraria yang menggantungkan hidupnya kepada pertanian, salah satunya adalah tanaman kopi.

Dengan merangkul ahli kopi, KMBUI akan melakukan pembinaan di Dusun Krecek di Desa Getas, Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 20-27 Agustus 2019. Dusun Krecek sendiri merupakan desa dengan jumlah umat Buddha yang cukup besar di antara desa yang ada.

Pada tahun 2018, KMBUI telah melaksanakan program Desa Binaan tersebut di lokasi yang sama. Dan tahun 2019 ini akan kembali melaksanakan program tersebut, dengan mengangkat tema: Memetik Harapan dalam Kebersamaan.

Tujuan dari kegiatan desbin tersebut adalah meningkatkan taraf hidup warga desa dan menunjukkan rasa kepedulian terhadap sesama umat Buddha di desa dengan mengembangkan potensi sumber daya khususnya di bidang produksi kopi.

Program kegiatan yang diselengarakan oleh Komisi Pengabdian Masyarakat KMBUI tersebut mencakup di antaranya:

1. Program peningkatan kualitas produksi kopi berupa pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan terkait penanaman, pemanenan, dan pengolahan kopi. Program peningkatan pemasaran kopi berupa mere-branding produk Kopi Krecek.

2. Program kesehatan lingkungan berupa pengurangan penggunaan limbah plastik dengan melakukan sosialisasi kepada warga.

3. Pengetahuan gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berupa peningkatan pengetahuan terkait gizi seimbang dan peningkatan kesadaran warga terkait PHBS.

Menurut pihak panitia, program ini diharapkan dapat memaksimalkan proses produksi hingga pemasaran kopi Dusun Krecek, meningkatkan pemberdayaan sumber daya manusia warga, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan sampah plastik, pentingnya PHBS, serta asupan gizi seimbang.

Pihak panitia sendiri membuka lebar kesempatan berdana bagi para donatur yang ingin ikut berpartisipasi dalam menyokong Desa Binaan KMBUI tersebut.

“Program yang sangat bagus ini tidak akan dapat diwujudkan tanpa dana yang mencukupi. Oleh karena itu, Desa Binaan KMBUI memerlukan bantuan dana dari para donatur agar acara dapat berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang baik bagi warga Dusun Krecek,” kata panitia dalam surel yang diterima Bhagavant.com.

Hingga saat ini, menurut pihak panitia, sisa dana yang belum terkumpul untuk Desa Binaan KMBUI adalah sebesar Rp. 22.000.000,-.

Dana yang akan didonasikan dapat ditransfer ke:

BCA : 2684117962 a/n Shiervine Angelica – dengan menambahkan angka “3” di digit terakhir. Contoh: Rp. 100.003,-

Contact Person
Aurelio Chandra (08888728271)
LINE : aureliochandra

Arya Permadi K. (081298923795)
LINE : ryto1

IG : @desabinaan.kmbui
Email: desabinaan.kmbui@gmail.com

Bhagavant.com mendorong para pembaca yang hendak berpartisipasi berdana untuk mendapatkan konfirmasi lebih lanjut dari pihak panitia penyelenggara mengenai kegiatan ini.[Bhagavant, 15/6/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: