Sosial » Sri Lanka

Buddhis dan Muslim Sri Lanka Protes Kerusuhan Komunal

Sabtu, 10 Maret 2018

Bhagavant.com,
Kandy, Sri Lanka – Ratusan Buddhis dan Muslim Sri Lanka melakukan kampanye “Sathyagraha” untuk memprotes kerusuhan komunal yang terjadi di daerah Digana di Distrik Kandy, yang terjadi awal pekan ini.

Umat Buddhis termasuk para bhikkhu dan umat Muslim melakukan protes di Taman Viharamahadevi, Kolombo, Sri Lanka, Kamis (8/3/2018) atas kerusuhan di Kandy dan sekitarnya.
Umat Buddhis termasuk para bhikkhu dan umat Muslim melakukan protes di Taman Viharamahadevi, Kolombo, Sri Lanka, Kamis (8/3/2018) atas kerusuhan di Kandy dan sekitarnya. Foto: lankatruth.com

Kampanye “Sathyagraha” atau ‘Setia pada Kebenaran” yang diselenggarakan di Taman Viharamahadevi, Kolombo, Kamis (8/3/2018), diikuti oleh perwakilan organisasi masyarakat sipil, seniman, dosen dan profesor, para bhikku dari Barisan Bhikkhu Nasional dan beberapa anggota organisasi Muslim.

Mereka mengecam kerusuhan komunal yang telah terjadi dan mengatakan adanya kepentingan pihak-pihak tertentu termasuk gerakan atau agenda politik yang cenderung mengotak-kotakkan masyarakat.

Gerakan politik tertentu, menurut mereka, alih-alih mencari solusi untuk isu-isu yang dihadapi oleh rakyat justru menyebarkan paham komunalisme di antara masyarakat. Komunalisme sendiri adalah adalah paham atau ideologi yang mementingkan kelompok atau kebersamaan di dalam kelompok.

Foto: lankadeepa.lk

Dalam protes tersebut mereka juga menyatakan bahwa sangat jelas keterkaitannya dengan agenda politik. Bentrokan komunal ini menguntungkan penguasa yang bisa menyembunyikan masalah sebenarnya dan mengalihkan penentangan masyarakat.

Seperti yang dilansir Lanka Truth, Jumat (9/3/2018), protes tersebut dihadiri juga oleh ketua Barisan Bhikkhu Nasional Y.M. Handugala Rathanapala Thera, sejumlah pengacara dan mantan Sekretaris Kementerian Sri Lanka, serta sejumlah organisasi Muslim.[Bhagavant, 10/3/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: