Indonesia

Resmikan Wisma Narada, Menag Serahkan Jubah kepada Bhikkhu Sangha

Selasa, 13 Februari 2018

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sekitar seribuan umat Buddha di Jakarta dan berbagai daerah menghadiri peresmian gedung Wisma Narada yang baru di Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta, pada Minggu (11/2/2018).

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (kiri) menyerahkan jubah kepada Y.M. Sri Pannyavaro Mahāthera dalam kegiatan peresmian Wisma Narada, Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta, pada Minggu (11/2/2018).
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (kiri) menyerahkan jubah kepada Y.M. Sri Pannyavaro Mahāthera dalam kegiatan peresmian Wisma Narada, Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta, pada Minggu (11/2/2018). Foto: Dhammacakka.org

Peresmian gedung Wisma Narada yang dilakukan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin tersebut dihadiri oleh lebih dari 30 bhikkhu baik dari Saṅgha Theravāda Indonesia (STI) maupun perwakilan Saṅgha lainnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dirjen Buddha Kementerian Agama Bapak Chaliadi, SH. MH, sejumlah duta besar negara sahabat, serta para tamu undangan lainnya.

Peresmian ditandai dengan penguntingan pita merah oleh Menag Lukman Hakim didampinggi Kepala Saṅgha/Saṅghapamokha Theravada Indonesia Y.M. Sri Pannyavaro Mahāthera, Ketua umum/Saṅghanāyaka STI, Y.M. Subhapannyo Mahāthera dan Ketua Yayasan Dhammacakka Jakarta, Y.M. Sukhemo Mahāthera.

Setelah penguntingan pita, Menag Lukman Hakim menandatangani prasasti Wisma Narada. Acara dilanjutkan dengan penyerahan jubah kepada para Bhikkhu oleh Menag Lukman Hakim. Penyerahan jubah kepada Bhikkhu Sangha ini merupakan kali pertama dilakukan oleh pejabat pemerintah setingkat menteri di Indonesia.

Menag dalam sambutannya berharap kepada umat Buddha untuk menjadikan Wisma Narada sebagai wahana dalam membina diri, sebagaimana ajaran Buddha yang berlandasakan cinta kasih, kasih sayang dan kebijaksanaan.

Gedung Wisma Narada
Gedung Wisma Narada. Foto: Dhammacakka.org

Pada kesempatan tersebut Y.M. Sri Pannyavaro Mahāthera, selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Jakarta Dhammacakka Jaya, memberikan wejangan Dhamma.

Wisma Narada merupakan gedung yang baru dibangun di kompleks Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya. Gedung berlantai sembilan ini dipergunakan untuk berbagai kegiatan dan juga tempat parkir.

Dua lantai dari gedung tersebut digunakan untuk sekolah Minggu, satu lantai untuk Perpustakaan Narada, satu lantai untuk Ruang Meditasi, dua lantai untuk Ruang Serbaguna, dan tiga lantai untuk tempat parkir.

Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta sendiri selesai dibangun pada tahun 1985 dengan Uposathagara sebagai bangunan pertama yang berdiri. Sedangkan Wisma Narada yang lama memiliki dua lantai dan diresmikan tahun 1989.[Bhagavant, 13/2/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: