Asia Tenggara » Pendidikan » Thailand

Vesak, Thailand Luncurkan Buku Panduan Buddhis Resmi Versi Internasional

Rabu, 10 Mei 2017

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Universitas Mahachulalongkornrajavidyalaya Thailand mengungkapkan pada Sabtu (6/5/2017), bahwa sebanyak 10.000 salinan buku panduan Buddhis resmi versi internasional akan didistribusikan ke seluruh negara di dunia.

Guidance and Insight from The Buddha
Guidance and Insight from The Buddha

Dicetak dalam beberapa bahasa, salinan Teks Buddhis Umum (Common Buddhist Text – CBT): Guidance and Insight from The Buddha akan didistribusikan ke bandara-bandara dan hotel-hotel di seluruh dunia untuk memperingati Hari Vesak di Thailand pada Rabu (10/5/2017), kata Y.M. Phra Brahmapundit, rektor Universitas Mahachulalongkornrajavidyalaya.

Seperti yang dilansir Bangkok Post, Minggu (7/5/2017), buku panduan Buddhis tersebut berisi keyakinan dan kitab suci Buddhis yang disusun dari tiga tradisi Agama Buddha – Theravada, Mahayana dan Vajrayana.

Di dalam buku itu terdapat teks-teks terjemahan yang dipilih dari bahasa Pāli, Sanskerta, Mandarin dan Tibet, menggunakan sebuah istilah umum dalam bahasa Inggris dari istilah-istilah Buddhis utama, dan mempertahankan standar ilmiah yang ketat.

Buku panduan tersebut pertama-tama diterbitkan dalam bahasa Inggris dan kemudian akan diterbitkan ke dalam bahasa resmi PBB lainnya serta bahasa-bahasa negara-negara Buddhis lainnya.

Sebelumnya, sebuah pertemuan diadakan bagi para akademisi internasional dari tiga tradisi tersebut untuk membahas apa yang harus disertakan dalam CBT, kata Y.M. Phra Brahmapundit, menambahkan bahwa buku tersebut ditulis dalam bahasa yang tepat dan mudah dimengerti.

Y.M. Phra Brahmapundit menjabat sebagai editor utama CBT, sementara Peter Harvey, seorang profesor Emeritus Studi Buddhis di Universitas Sunderland dan penulis beberapa buku tentang Agama Buddha, menjabat sebagai editor umum.

Universitas Mahachulalongkornrajavidyalaya bekerja sama dengan Asosiasi Universitas Buddhis Internasional telah mengadakan berbagai aktivitas mulai akhir pekan lalu.

Sebuah konferensi internasional mengenai universitas-universitas Buddhis dibuka pada Sabtu (6/5) oleh Sangharaja Thailand Y.M. Somdet Phra Ariyavangsagatayana.

Forum akademik lainnya diadakan pada Minggu (7/5), terutama mengenai praktik dharma, sementara Senin-nya tokoh penting termasuk Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha menyampaikan pidato di Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Hari Vesak di Ratchadamnoen Nok Avenue.

Putri Soamsawali memimpin acara formal perayaan Hari Vesak di pusat konferensi tersebut pada Senin (8/5/2017) sekitar pukul 2 siang.[Bhagavant, 10/5/17, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: