Travel

Diperluas, Bandara Dunhuang Dekat Gua 1.000 Buddha Ditutup Sementara

Rabu, 1 Maret 2017

Bhagavant.com,
Gansu, Tiongkok – Bandara Dunhuang yang berlokasi dekat dengan Gua Mogao atau Gua Dunhuang yang juga dikenal sebagai Gua 1.000 Buddha, akan ditutup sementara terkait proyek perluasan bandara tersebut.

Bandara Dunhuang, Provinsi Gansu, Tiongkok.
Bandara Dunhuang, Provinsi Gansu, Tiongkok. Foto: wikipedia.org

Penutupan sementara Bandara Dunhuang pada 15 Maret hingga 25 Mei 2017 terkait proyek peluasan bandara senilai 142 juta dolar AS. Proyek perluasan ini bertujuan untuk mengatasi peningkatan jumlah wisatawan yang masuk ke daerah di Provinsi Gansu di mana Gua Mogao berada.

Proyek yang dimulai pada tahun 2016 itu, diharapkan dapat memperluas bandara sehingga tiap tahunnya dapat menampung 960.000 orang penumpang dan 1.700 ton kargo.

Seperti yang dilaporkan Shanghai Daily (20/2/2017), pihak bandara mengatakan bahwa bandara akan ditutup untuk memungkinkan pembenahan landasan pacu dan memperbesar apron bandara.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan ke Gua Mogao atau Gua 1.000 Buddha telah melonjak berkat ketenaran gua-gua tersebut baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Gua Buddhis berusia 1.600 tahun tersebut merupakan rumah bagi lebih dari 2.000 pahatan berwarna dan 45.000 meter persegi lukisan dinding.

Gua Mogao atau Gua Dunhuang yang juga dikenal sebagai Gua Seribu Buddha di Gansu, Tiongkok.
Gua Mogao atau Gua Dunhuang yang juga dikenal sebagai Gua Seribu Buddha di Gansu, Tiongkok. Foto: Panorama Dunhuang Research Academy

Keberadaan rupaka dan lukisan berupa figur Buddha yang jumlahnya ribuan tersebut membuatnya disebut dengan istilah Gua Seribu Buddha (千佛洞 – qiān fó dòng).

Karya-karya seni Buddhis tersebut berada di dalam 735 gua yang pahat di sepanjang tebing di barat laut Provinsi Gansu, Tiongkok, di sepanjang rite Jalan Sutra kuno. Pada tahun 1987, situs Buddhis ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO yang pertama di Tiongkok.

Situs Buddhis tersebut menerima lebih dari 8 juta pengunjung domestik dan asing pada tahun 2016, naik tahun 21,37 persen tahun demi tahun.

Sejak 2014, Gua Mogao telah menetapkan batas harian 6.000 tiket ditambah 12.000 tiket darurat untuk memenuhi meningkatnya jumlah wisatawan selama musim puncak wisata.

Infrastruktur transportasi telah dibangun untuk mengatasi arus penumpang yang besar. Selain perluasan bandara, hubungan transportasi yang lebih mudah ke Dunhuang diluncurkan tahun lalu, termasuk kereta api baru dari Beijing, dan Yinchuan, ibukota Daerah Otonomi Ningxia Hui.[Bhagavant, 1/3/17, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: