Amerika » Amerika Serikat

Gereja Methodist Diubah Jadi Vihara di Indiana, AS

Minggu, 6 November 2016

Bhagavant.com,
Indiana, Amerika Serikat – Sebuah vihara yang bangun dari bekas gedung gereja, resmi dibuka menjelang akhir bulan lalu, dihadiri oleh para umat yang datang dari jauh dari Chicago, Ohio dan California.

Peresmian Vihara Pho Minh, di Main St, Anderson, Indiana, Amerika Serikat, Minggu (23/10/2016).
Peresmian Vihara Pho Minh, di Main St, Anderson, Indiana, Amerika Serikat, Minggu (23/10/2016). Foto: heraldbulletin.com

Vihara Pho Minh, di Main Steet 4100, Anderson, yang merupakan vihara kesembilan yang ada di negara bagian Indiana, Amerika Serikat dan merupakan vihara yang berdiri dengan mengambil alih bekas gedung bekas Gereja Methodist Emmanuel Bersatu, resmi dibuka pada 23 Oktober 2016 lalu.

Nama vihara tersebut diambil untuk menghormati sebuah vihara dari Dinasti Tran di Vietnam. Sejumlah keluarga Vietnam dari beberapa daerah mulai merenovasi vihara tersebut pada tahun lalu sebagai bagian dari perluasan vihara yang bernama sama dan berbasis di California dan yang dipimpin oleh Y.M. Bhiksuni Anna Dao.

Seperti yang dilansir The Herald Bulletin, Senin (24/10/2016), peresmian yang diadakan pada hari Minggu (23/10/2016) tersebut dimulai dengan tarian Barongsai dengan dua barongsai, satu berwarna merah dan satu berwarna emas.

Sejumlah perwakilan dari Vihara Pho Minh California serta anggota sangha memberikan selamat atas peresmian vihara tersebut, termasuk Y.M. Bhiksuni Anna Dao, yang memberikan ucapan selamat kepada umat.

“Ini adalah tempat untuk semua umat Buddhis untuk datang dan mempraktikkan agama mereka dan memuja untuk perdamaian dan kebahagiaan,” kata Y.M. Bhiksuni Anna Dao dalam bahasa Vietnam. “Ini adalah tempat bagi orang-orang yang ingin belajar lebih banyak tentang dunia Buddhis dengan banyak sukacita, kasih sayang, kebijaksanaan dan pencerahan serta meditasi.”

Wali Kota Anderson, Thomas Broderick Jr dan Senator Indiana, Tim Lanane, bergabung bersama anggota sangha dalam peresmian Vihara Pho Minh Anderson, Minggu (23/10/2016).
Wali Kota Anderson, Thomas Broderick Jr dan Senator Indiana, Tim Lanane, bergabung bersama anggota sangha dalam peresmian Vihara Pho Minh Anderson, Minggu (23/10/2016). Foto: heraldbulletin.com

Tim Lanane, senator negara bagian Indiana yang menghadiri acara tersebut mengatakan, “Y.M. Anna Dao mengatakan Anda berada di sini untuk berbagi: sukacita, belas kasih, kebijaksanaan dan pencerahan dan meditasi. Kita memerlukan hal-hal itu di negara ini.”

Wali Kota Anderson, Thomas Broderick Jr yang juga berbicara kepada orang banyak di dalam vihara itu, mengatakan ia senang melihat beragam kelompok masyarakat yang datang ke kota itu.

“Kami bangga menjadi sebuah komunitas yang menyambut masyarakat lain dari seluruh tempat yang berbeda, dan ini merupakan kesempatan besar untuk membuat orang melihat Anda dan mengenal Anda dan vihara Anda,” katanya.

Beberapa anggota vihara di Fort Wayne juga datang ke peresmian tersebut, termasuk Donna Ngo.

Ia mengatakan adalah penting bagi umat Buddhis untuk saling mendukung dalam persaudaraan, terutama di sebuah vihara baru.

Ruang puja bakti Vihara Pho Minh, di Main St, Anderson, Indiana, Amerika Serikat,
Ruang puja bakti Vihara Pho Minh, di Main St, Anderson, Indiana, Amerika Serikat, Foto: heraldbulletin.com

“Ketika kami melihat vihara tersebut kami ingin mampir dan berpuja, dan berbicara satu sama lain,” katanya.

Vihara Pho Minh termasuk merupakan sebuah vihara untuk tinggal dan bermeditasi bagi para bhiksu. Pihak vihara tersebut juga akan menjual makanan vegetarian tradisional Vietnam untuk membantu menyokong biaya vihara.

James Morse yang tinggal di seberang jalan dari Vihara Pho Minh, menghadiri peresmian vihara untuk “melihat apa yang mereka lakukan.”

“Mereka melakukan pekerjaan yang indah,” ujar Morse setelah melihat rupaka Buddha dengan berwarna emas dan arsitektur bangunan yang tampak antik. “Saya rasa ini merupakan aset dalam masyarakat, untuk semua orang.”

Menurut sebuah studi oleh Pew Research tahun 2014, ada sekitar 650 umat Buddhis yang tinggal di Indiana, Amerika Serikat.[Bhagavant, 6/11/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: