Tiongkok » Travel

Ada Air Mancur 9 Naga Memandikan Bodhisattva di Lingshan, Tiongkok

Minggu, 10 April 2016

Bhagavant.com,
Jiangsu, Tiongkok – Sebuah air mancur musik yang menampilkan adegan 9 naga memandikan bayi Bodhisattva Siddhartha menjadi salah satu atraksi wisata di Provinsi Jiangsu, Tiongkok, karena memadukan antara budaya Buddhis dengan teknologi modern.

Air Mancur 9 Naga Memandikan Bayi Siddhartha.
Air Mancur 9 Naga Memandikan Bayi Siddhartha. Foto: panoramio.com – chiwin.lee

Terletak di dalam kompleks Lingshan Wonderland (Wuxi Lingshan Buddhist Scenic Spot), sebuah taman tema budaya Buddhis berskala akbar di kota budaya Wuxi, Provinsi Jiangsu, Air Mancur 9 Naga Memandikan Bodhisattva Siddhartha (九龙灌浴 – Jiǔlóng guàn yù) atau “Nine Dragons Bathing the Baby Buddha” berupa kolam berdiameter sekitar 50 meter dengan sebuah pilar perunggu berukir setinggi 7,2 meter berada di tengahnya. Seperti namanya, air mancur ini dikelilingi oleh 9 rupaka naga.

Puncak pilar tersebut berbentuk sekuncup bunga lotus besar dengan 6 helai kelopak yang di dalamnya terdapat rupaka bayi Pangeran Siddhartha berwarna emas. Saat musik “kelahiran Buddha” mulai dimainkan, dan air mancur di kolam mulai “menari” mengikuti irama musik, kuncup bunga lotus tersebut terbuka perlahan-lahan.

Bersamaan dengan terbukanya kelopak bunga lotus, rupaka bayi Pangeran Siddhartha pun muncul dari dalam kelopak. Setelah helai kelopak lotus terbuka semua, 9 rupaka naga menyemburkan air dari dalam mulutnya untuk menyirami (memandikan) rupaka bayi Pangeran Siddhartha yang kemudian berputar 360 derajat.

Helai bunga lotus kembali tertutup dan membungkus rupaka bayi Pangeran Siddhartha setelah musik berakhir, dan kemudian air keluar dari mulut 8 rupaka burung phoenix yang ada di sekitar kolam. Sayangnya, untuk menarik wisatawan, pengelola berusaha menyebarkan mitos bahwa air tersebut dapat membawa berkah.

Adegan 9 naga memandikan Bodhisattva Siddhartha tersebut terjadi 5 kali setiap hari pada pukul 10.00, 11.30, 13.00, 14.45 and 16.45.

Pembangunan Air Mancur 9 Naga sendiri terinspirasi dari kisah kelahiran Bodhisattva Siddhartha (calon Buddha) yang ada dalam kepustakaan Buddhis Tiongkok. Jumlah 9 naga merupakan tafsiran yang dikaitkan dengan simbol dalam budaya Tionghoa.

Air Mancur 9 Naga tersebut menjadi salah satu objek wisata di Lingshan Wonderland selain rupaka Buddha Besar Gunung Ling (灵山大佛 – Língshān dàfú) setinggi total 88 meter yang merupakan atraksi utama di sana.

Lingshan Wonderland yang pembangunannya dimulai tahun 1994 di sekitar situs bersejarah Vihara Xiangfu, hingga kini memiliki beberapa objek wisata lainnya seperti Istana Buddhis atau sering disebut Istana Brahma, Istana Wu Yin Tan Cheng, dan Altar Jejak Kaki Buddha.[Bhagavant, 10/4/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: